Ilham Habibie: Sampai Jumpa di Akhirat Bapak Tercinta

Kamis, 12 September 2019

Penyerahan jenazah Presiden RI ketiga Almarhum BJ Habibie dari pihak keluarga kepada pemerintah sebelum di lmakamkan di Taman Makam Pahalawan, Kalibata, Kamis (12/9/2019). (Foto: net/anews)

JAKARTA, ANEWS — Putra sulung presiden ketiga RI Ilham Habibie mengucapkan salam perpisahan kepada sang ayahanda saat memberikan sambutan dari pihak keluarga.

"Bapak ingin semangat ini diterapkan untuk mewujudkan cita-cita bangsa umat di dunia. Sampai jumpa di akhirat Bapak tercinta. Selamat jalan dan kita cintai Papa, Eyang semuanya," ujar Ilham saat memberi sambutan.

"Mudah-mudahan insya Allah khusnul khotimah. Sampai jumpa, Pak," lanjut dia.

Sebelumnya Ilham mengatakan bahwa ayahnya memiliki sikap yang terbuka dengan merangkul semua pihak.

"Bapak mencoba me-manage yang kurang baik yang ada pada kita. Ini bukan hanya sebatas Indonesia tapi dunia," kata dia.

Dia mengatakan, sang ayahanda memiliki wasiat tidak hanya di Indonesia, tetapi juga negara-negara lain, seperti Jerman, Inggris, Amerika, dan Jepang.

"Marilah kita belajar dari Bapak, dari semangatnya. Tidak kenal lelah. Biarpun mau wafat, Bapak panggil keluarga untuk minta kita bagaimanapun dalam situasi apa pun bersatu. Persatuan ini bisa diterapkan kita di Indonesia," ujar dia.

Adapun prosesi pemakaman BJ Habibie dilakukan secara militer dengan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Jenazah BJ Habibie dikebumikan oleh kedua putranya, Ilham dan Thareq Habibie.

Dia dimakamkan di samping makam sang istri, Hasri Ainun Habibie.

Sebelumnya, BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9/2019) pada pukul 18.03 WIB. (tv/kps/zet)