Syafrizal Intan Kayo, Putera Daerah Potensial Kandidat Bupati Sijunjung

Kamis, 12 September 2019

Syafrizal Intan Kayo yang kini menjabat Kepala Biro Umum, Kemenag RI, salam komando dengan Wagub Sumbar Nasrul Abit yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar usai salah satu acara di Jakarta, belum lama ini. (Foto: ist/anews)

SIJUNJUNG, ANEWS - Memasuki bulan September 2019, suhu politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat mulai menggeliat. 

Betapa tidak, sesuai pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU), tahapan awal Pilkada serentak 2020 memang sudah dimulai sejak September 2019.

Terkait dengan itu, sejumlah tokoh dan putera daerah yang berambisi untuk maju sebagai bakal kandidat Bupati Sijunjung, sekarang mulai proaktif melakukan gerilya politik, memperkenalkan diri ke masyarakat, bahkan ada di antaranya yang sudah menampilkan figurnya melalui spanduk, baliho dan lain-lain.

Selain itu, sejumlah pimpinan partai politik (Parpol) di Sijunjung, juga tampak mulai membidik dan memperhitungkan bursa kandidat bakal calon bupati (Balonbup) untuk lima tahun ke depan. Malah ada kelompok menuju Sijunjung Hebat sudah mulai pula merumuskan kriteria pemimpin Sijunjung mendatang.

Dari beberapa nama yang dilansir dari berbagai sumber,  ada sosok baru yang cukup santer disebut sebut, Drs. H. Syafrizal. M.Si, putra Lubuak Tarok. Bapak tiga anak kelahiran 1960 ini, menjabat Kepala Biro (Karo) Umum Kemenag RI, sejak 2014 lalu. Saat ini ia juga dipercaya sebagai pengelola pembangunan Universitas Islam International Indonesia (UIII).

Sejumlah pihak yang dihubungi Wartawan 'Amanahnews.com', menyebutkan, Syafrizal dipandang sebagai salah satu bakal calon bupati Sijunjung yang sangat potensial dan memiliki banyak nilai plus dibanding bakal calon yang lain.

"Dari wacana yang mencuat di medsos akhir-akhir ini, kami yakin nilai plus Syafrizal itu banyak. Beliau berasal dari jalur birokrat tingkat Pusat, yang sudah tentu memiliki jaringan Nasional. Selain itu, Syafrizal berwawasan luas karena sejak lama level pergaulannya dengan jajaran sesama birokrat bukan lagi daerah, tapi Pusat atau Nasional. Figur semacam inilah yang dibutuhkan Sijunjung karena komposisi keuangan daerah ini masih sangat mengandalkan dana dari Pusat," ujar Rahmat dan Ruslan, dua dari belasan warga yang ditemui di Pasar Sijunjung, Kamis (12/9/2019).

Sementara itu, bagi Sy. Datuak Sinaro, 60, siapapun yang akan maju jadi pemimpin Sijunjung lima tahun ke depan, betul betul mempunyai visi dan misi jelas, serta memiliki keberanian untuk merobah wajah Sijunjung. "Kalau masalah sumber daya alam Sijunjung masih kuat di Sumbar ini," sebut sosok yang akrab disapa Datuak Abu ini.

Senada dengan Datuak Abu, Drs. H. Syaril Sy Datuk Nan Putieh, juga tidak menampik dari nama yang mengapung itu untuk dijadikan kandidat calon pimpinan kabupaten ini. Sosok yang dibutuhkan Sijunjung, ke depan adalah yang energik dan mampu mensejajarkan Sijunjung dengan daerah yang sudah maju dari negeri ini. 

"Kenapa daerah lain itu bisa maju, ini yang harus jadi patokan oleh figur yang akan tampil nantinya," ujar mantan Ketua IKSS ini. (zet)