Drs Syafrizal Intan Kayo Punya Link ke Pusat, Pantas Pimpin Sijunjung

Ahad, 15 September 2019

Suasana temu ramah bakal Calon Bupati Sijunjung Drs Syafrizal Intan Kayo dengan tokoh masyarakat Sijunjung di Muaro Sijunjung, Minggu (15/9/2019). (Foto: ist/anews)

SIJUNJUNG, ANEWS - Sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Sijunjung berpendapat, untuk membangun Sijunjung ke depan dibutuhkan figur yang memiliki jaringan ke Pusat dan juga punya wawasan berpikir untuk kepentingan masyarakat daerah ini.

Di antara sekian banyak figur yang sudah mengapung atau diapungkan oleh beberapa kalangan, salah seorang putera asli Sijunjung yang dianggap pantas dan tepat dengan kriteria itu adalah Drs Syafrizal Intan Kayo, yang pada saat ini mengabdi sebagai Kepala Biro Umum, Kementerian Agama RI di Jakarta.

"Bupati Sijunjung itu harus dekat dengan Pusat dan memiliki jaringan ke pemerintah pusat. Jujur, dana kita sekarang bekurang karena kewenangan ditarik ke propinsi dan pusat. Contohnya dulu PAD Sijunjung bersumber dari terminal dan kini kewenangan ditarik ke pusat. Nah, untuk itu diperlukan Bupati yang bisa lebih dekat ke pusat, sosok itu menurut saya adalah Syafrizal yang sekarang salah seorang pejabat di Pusat,” kata Syukur Hamidi, mantan Asisten di Sekretariat Daerah Kabupaten Sijunjung, ketika temu ramah dengan Syafrizal Intan Kayo dan masyarakat Sijunjung di Muaro Sijunjung, Minggu (15/9/2019).

Di hadapan tokoh masyarakat dan ratusan warga Kabupaten Sijunjung, Syukur Hamidi secara terang-terangan menyatakan dukungannya kepada Syafrizal, pejabat Kemenag RI yang disebut-sebut akan maju Pilkada Sijunjung tahun 2020 mendatang.

Dia mengatakan, Bupati Sijunjung itu memang harus dekat dan punya jaringan ke Pusat. Sebab, PAD Sijunjung sendiri tidak akan mampu membiayai pembangunan daerahnya tanpa kucuran dana Pusat.

Hal yang sama juga disampaikan Dt Sumurajo, salah seorang ninik mamak. Menurutnya, kepedulian dan keseriusan Syafrizal untuk membangun Sijunjung agar lebih baik ke depan tidak diragukan lagi.

“Bagi saya, Pak Syafrizal itu memang sosok yang peduli. Awalnya saya kenal beliau dua tahun lalu, saat itu saya menyebutkan tentang sekolah di Sumpurkudus, seketika datang tim survei. Alhamdulillah MTs Tanjung Bonai Aur dapat bantuan lokal dan rusunawa, selain itu juga dapat bantuan mobil operasional pendidikan,” kata Dt Sumu Rajo.

Datuk Sumu Rajo pun langsung mengajak warga Sumpurkudus agar bersama dirinya untuk mendukung Syafrizal jadi calon bupati Sijunjung.

Zainal Wana, tokoh Sijunjung lainnya yang diberi kesempatan menyampaikan pandangannya terhadap Syafrizal, juga menyatakan dukungannya. Katanya, sudah saatnya Sijunjung bangkit dan sudah seharusnya putra Sijunjung yang peduli untuk membangun daerah sendiri.

Selain para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dalam temu ramah yang dilaksanakan oleh Syahril Syamra yang juga ketua DPC Partai Gerindra Sijunjung itu juga dihadiri ketua DPRD Sijunjung dari partai Gerindra, Rusdi Antoni, serta sejumlah tokoh adat, Bundo Kanduong beberapa mantan anggota DPRD Sijunjung.

Sementara itu, Syafrizal, MSI, Datuak Intan Kayo dalam pernyataanya menyebut, bahwa hatinya semakin mantap dengan banyaknya dukungan untuk dirinya agar mencalonkan diri pada Pilkada serentak 2020 nanti.

“Maju di jalur partai atau perseorang kita lihat saja nanti, karena semuanya masih dalam proses, dan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua tokoh masyarakat, ninik mamak dan tokoh pemuda, serta Bundo Kanduong yang hadir dalam temu ramah ini,” tutur pria asal Sungai Jodi, nagari Lubuk Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok tersebut. (rel/zet)