Bacabup Syafrizal Cekatan, Kaya Pengalaman, Punya Jaringan Nasional Untuk Percepatan Sijunjung

Ahad, 19 Januari 2020

Syafrizal Intan Kayo, Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sijunjung. Foto Zet/Anews

SIJUNJUNG, ANEWS - Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan dua tokoh pendidikan keagamaan di Provinsi Sumatera Barat yakni, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Eka Putra Wirman dan Guru Besar UIN yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumbar Duski Samad memaparkan testimoni mereka terkait potensi, kredibelitas dan kepemimpinan Syafrizal Intan Kayo, salah seorang figur yang digadang-gadang pantas menjadi Bupati Sijunjung lima tahun ke depan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Wartawan AmanahNews Minggu malam (19/1), ketiganya menilai,  bakal calon Bupati (Bacabup) Sijunjung Syafrizal yang kini menjabat Kepala Biro Umum, Kementerian Agama RI pantas, tepat dan punya kompetensi untuk memimpin dan membangun Kabupaten Sijunjung.

Di mata saya, kata Mantan Menag Lukman Hakim Saifuddin, Pak Syafrizal adalah "Kunci Inggris" yang mampu membuka baut nomor berapa pun. Hampir semua permasalahan yang saya minta selesaikan berhasil ia tunaikan dengan baik. 

"Cekatan, menguasai masalah, bertanggung jawab, dan ikhlas adalah ciri yang segera nampak pada dirinya," kata Lukman Hakim, mantan Menag RI priode 2014-2019 tersebut. 

Menurut Lukman Hakim, selama lebih dari 5 tahun mengemban amanah sebagai Menteri Agama, pihaknya sungguh sangat terbantu dengan komitmen, dedikasi, dan kinerja Pak Syafrizal di Kementerian Agama RI.

Terkait Syafrizal sebagai Putera Asli Sijunjung itu, Rektor UIN Imam Bonjol Padang Eka Putra Wirman mengatakan, ada ungkapan "berikanlah pekerjaan kepada orang yang sibuk"..alasannya orang yg sibuk sudah terbiasa menghadapi persoalan, menyusun strategy, mengatur waktu dan mencarikan solusi. 

"Ungkapan ini rupanya cocok disematkan kepada bapak Syafrizal. Disamping jabatan yg diembannya sebagai Kabiro Umum Kemenag RI, beliau juga tidak pernah sepi mendapat tugas2 lain, sebut saja sebagai plt Kabiro Hukum dan KL Dan bahkan sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek raksasa Universitas Islam International Indonesia yg baru diresmikan Presiden Jokowi. Saya kenal pak Syafrizal lebih intens sejak 2015 setelah dilantik menjadi rektor IAIN ( sekarang UIN) Imam Bonjol Padang. Pribadi yg lurus Dan humble ini selalu berada disisi Menag setiap kunjungan kerjanya," ungkap Eka Putra Wirman.

Bapak Syafrizal, tambah Eka Putra lagi, adalah tokoh Minang khususnya Putera Sijunjung yg jadi andalan Kemenag dalam banyak bidang seperti administrasi, Hukum dan keuangan. Hal itu bukan hanya karena pribadi ya yg baik, tapi juga karena kompetensinya yg mumpuni," tutup Rektor UIN Imam Bonjol Padang tersebut.

Terpisah Guru Besar UIN Imam Bonjol Duski Samad mengatakan, ada niat dan kemauan kuat Bapak H. Syafrizal Kabiro Umum Kemenag RI untuk mengabdi di kampung halaman  Kabupaten Sijunjung melalui pemilihan Bupati Sijunjung adalah keuntungan bagi masyarakat Sijunjung memiliki putra daerah yang kaya pengalaman Nasional untuk dimanfaatkan bagi kemajuan daerah.

"Sepanjang 20 tahun lebih  perkenalan kami dengan beliau, dirasakan kontribusinya bagi urang kampung dan orang awak umumnya. Pengalaman dan hubungan luas di ibukota Pak Haji Syafrizal diyakini memudahkan beliau mendapatkan jaringan nasional untuk membangun Kabupaten Sijunjung," ujar Duski.

Diakui Duski Samad, dalam pendidikan, keagamaan, adat istiadat dan ekonomi masyarakat kami percaya Syafrizal menjadi faktor penting untuk mempercepat tingkat kecerdasan, ekonomi dan kemajuan masyarakat. 

"Pengabdian Pak Haji Syafrizal terhadap kampung halaman, sudah berjalan sejak kami kenal dgn beliau jauh hari sebelum reformasi," tegas. Prof.Dr. Duski Samad, M.Ag yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumatera Barat itu. ZET