Begini Cara IKHK Pekanbaru Selamatkan Warganya yang Terdampak Covid 19

Selasa, 12 Mei 2020

Vidio telecomprence pengurus IKHK Pekanbaru.foto Ist/Anews.

PEKANBARU, (Anews)- Virus covid 19 atau biasa disebut Corona sudah kian  memporak-porandakan segala aspek kehidupan terutama ekonomi, apalagi di kota Pekanbaru ini sudah diberlakukannya PSBB (pembatasan sosial berskala besar) warga disarankan untuk tetap dirumah atau stay at home. Di malam hari pun di lakukan jam malam berupa penutupan akses beberapa ruas jalan besar terutama jalan jenderal Sudirman dan dilarang untuk berkumpul di warung, kafe ataupun kedai tempat biasanya nongkrong warga oleh aparat, harapannya untuk menghambat penyebaran virus ini.

Hal inilah yang telah membuat banyaknya pengangguran dan tersendatnya roda ekonomi terutama kaum masyarakat yang bekerja di swasta dan yang berdagang, terjadinya PHK dan dirumahkannya karyawan oleh perusahan.

Melihat kondisi ini pengurus Ikatan Keluarga Hulu Kuantan (IKHK) Pekanbaru berembuk bagaimana cara untuk menyelamatkan warganya yang terdampak Covid-19. 

Selain mengimbau warga Hulu Kuantan yang ada di Pekanbaru untuk tidak mengunjungi keramaian, pengurus IKHK juga melakukan penggalangan dana untuk masyarakat yang terdampak akibat penyebaran virus tersebut.


  Hal tersebut dibenarkan Ketua IKHK Pekanbaru Ahmad Herry kepada Amanahnews.com Selasa (12/5/2020). Menurut Ahmad Hery, penggalangan dana tersebut dilakukan mengingat adanya sebagian warga IKHK yang tidak bisa melakukan aktivitasnya seperti biasa. Sehinga berpengaruh kepada perekonomian mereka.


  "Nah, inilah tujuan kami mengumpulkan dana dan Sembako. Alhamdulillah, dana dan sembako sudah banyak terkumpul. Setelah kita data, nanti baru kita salurkan. Nanti kami akan berkoodinasi dengan masing-masing perwakilan desa," kata Ahmad Hery.


   Ahmad Hery membeberkan, bahwa ide tersebut diprakarsai oleh para dewan pembina. Dengan usulan cemerlang tersebut, pengurus dan anggota langsung melakukan rapat kilat dengan bantuan media video teleconference melalui aplikasi Zoom. 


   "Kalau rapat dan berkumpul, tentu tidak mungkin. Makanya kami video teleconference supaya bisa saling memberikan masukan," jelas Ahmad Hery.


  Dalam video teleconference tersebut, terlihat beberapa pengurus tinggi seperti Ardilis, Arman Lingga wisnu, Azwir, Ermansyah, Komperensi, Hafny Ma'rifat, Joni Afrizal dan pengurus lainnya.


  "Terakhir, saya atas nama pengurus, mengucapkan terima kasih atas bantuan warga Hulu Kuantan yang telah ikut menyumbang. Semoga bantuan nanti nya bisa tersalur dengan baik dan tepat sasaran," tutup Ahmad Hery.(*)