Seluruh Kabupaten dan Kota di Sumbar Kini Sudah Terpapar Covid-19

Rabu, 27 Mei 2020

Jasman Rizal,  Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar. Pic. Hms/ANews

Padang (ANews) - Seluruh daerah yakni Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kini dinyatakan sudah terpapar infeksi Covid-19. Di Sumbar sendiri tercatat ada 19 kabupaten dan kota.

Kabupaten Sijunjung satu-satunya daerah yang selama ini disebut-sebut masih zona hijau dan bersih dari paparan virus covid-19, sejak Rabu (27/05/2020) ini dilaporkan sebagai daerah terakhir di Sumbar yang warganya kini positif covid-19.

Jasman Rizal,  Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi Harian Amanah News dan Redaksi portal berita www.AmanahNews.com, Rabu (27/5), menyebutkan, Kabupaten Sijunjung yang selama ini masih belum terpapar covid-19 sekarang sudah ada warganya yang positif terinfeksi covid-19.

"Kini tidak ada lagi Kabupaten dan Kota di Sumbar yang terbebas dari paparan infeksi Covid-19. Kabupaten Sijunjung yang selama ini masih bersih dari paparan infeksi covid-19, hari ini menorehkan catatan baru dengan adanya tujuh orang warganya positif terinfeksi Covid-19 dimaksud," ujar Jasman.

Dijelaskan, berdasarkan laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, bahwa hari ini Rabu 27 Mei 2020, sampai pukul 08.00 WIB, dari 516 sample yang diterima dan diperiksa, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 sebanyak 27 orang lagi.

Sembuh terkonfirmasi bertambah sebanyak 23 orang. Meninggal dunia sampai pukul 08.00 WIB hari ini belum terkonfirmasi.

Total sampai hari ini warga Sumbar yang telah dinyatakan positif terinfeksi 537 orang, sembuh 231 orang dan meninggal dunia 24 orang

Dari 27 tambahan positif terinfeksi covid-19 hari ini Rabu 27 Mei, kata Jasman, tujuh orang diantaranya adalah warga Kabupaten Sijunjung. Padahal, Kabupaten Sijunjung selama ini menjadi satu-satunya daerah di Sumbar yang masih bersih dari paparan infeksi covid-19. ZET