Yoserizal Mundur Sebagai Ketum DKR

Senin, 15 Juni 2020

Raja Yoserizal Zein. (riaumandiri.id/ANews)

Pekanbaru (ANews) - Ingin fokus dalam menjalankan tugas sebagai kepala Dinas Kebudayaan, Raja Yoserizal Zein memilih mundur sebagai Ketua Umum Dewan Kesenian Riau (DKR) yang telah dijabatnya selama dua tahun.

Yoserizal mengatakan, sejauh ini ia sudah banyak berbuat untuk mengembangkan DKR. Namun dirinya ingin lebih fokus menjalankan program di Dinas Kebudayaan, dan menjalankan visi misi Gubernur Riau dalam mempertahankan kebudayaan Riau.

“Saya ingin fokus di Dinas Kebudayaan, sudah dua tahun saya menjabat. Mudah-mudahan ke depan DKR bisa lebih baik, dan bisa dipertahankan. DKR ini tetap menjadi rumah besarnya para seniman Riau,” ujar Yoserizal Zein, dikutip dari riaumandiri.id, Senin (15/6/2020).

Dijelaskan Yose, untuk menjalankan DKR telah ditunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Hang Kafrawi yang akan menjalankan tugas melaksanakan musyawarah seniman daerah luar biasa, yang akan dilaksanakan dalam bulan Juni ini.

“Untuk pemilihan ketua baru nanti disusun oleh Plt Ketua Umum Hang Kafrawi. Silakan menjalankannya, termasuk persyaratannya. Kalau pemilihan nanti ditentukan oleh DKR Kabupaten/Kota, termasuk satu suara dari Provinsi, dan yang mencalonkan pernah menjadi pengurus DKR,” kata Yose.

Beberapa nama mencuat untuk menjadi ketua DKR. Di antaranya, Dandun, yang juga sebagai bendahara DKR Riau. Bagi para seniman nama Dandun tidak lah asing, karena sudah banyak berbuat bagi DKR. Termasuk masukan dari beberapa seniman di Riau. 

“Ada beberapa nama yang bisa masuk sebagai ketua DKR seperti Dandun, yang pernah menjabat sebagai Bendahara. Ada calon lain yang layak juga masuk sebagai ketua, ada juga awak media seperti Kuni, dan lainnya,” ujar Yose. YNT