Duuhh...Ini Kesaksian Pegawai PLN yang Rumahnya Tertimpa Pesawat TNI AU

Senin, 15 Juni 2020

Pesawat milik TNI AU yang jatuh dan terbakar di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (15/6/2020). Pihak TNI AU menyatakan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209. Pic.Antara

Jakarta (ANews) - Warga Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Abun Abdullah bersyukur meski rumahnya hancur lebur tertimpa pesawat tempur milik TNI AU BAE Hawk 209. Pegawai PLN itu bersyukur karena tidak ikut tertimpa pesawat yang jatuh tersebut.

"Saya bayangin kalau saya ada di tempat, ya Allah mungkin sudah almarhum," kata Abun Abdullah mengutip Antara, Senin (15/6).

Abun mengatakan bahwa rumah itu dia tempati sejak 2011 dan juga rumah satu-satunya. Kini, Abun bertugas di Rengat, sehingga bersama istri dan tiga anak hanya pulang ke rumah tersebut pada Sabtu dan Minggu atau hari libur.

"Dan kebetulan Minggu ini kami tidak berangkat. Alhamdulillah, itulah yang saya syukuri itu. Saya sekeluarga lagi tidak di situ," kata Abun.

Abun mendapat kabar pesawat tempur jatuh menimpa rumahnya hingga hancur dari tetangga. Dia tengah bekerja di Kantor PLN Rengat.

Tetangganya menelepon sambil menangis saat mengabari nasib rumah Abun yang hancur lebur tertimpa pesawat.

"Yang kena informasinya ada 3-4 rumah, yang telak di rumah kita. Tapi Alhamdulillah keluarga selamat semua karena tidak di tempat," katanya.

Abun belum bisa memastikan berapa kerugian yang harus ia tanggung. Abun menjelaskan rumah tersebut awalnya tipe 36. Kemudian dia renovasi menjadi dua lantai.

Ia mengatakan kini masih dalam perjalanan dari Rengat ke Pekanbaru untuk melihat kondisi rumahnya.  Abun agak shock atas kejadian itu, terutama sang istri yang hingga kini masih terguncang.

"Karena istrilah yang begitu sayang rumah itu," katanya.

Abun juga belum mendapat informasi lebih jauh tentang siapa yang akan bertanggung jawab untuk membangun kembali rumahnya. Dia mengaku belum berkomunikasi dengan pihak TNI selaku pemilik pesawat.

"Belum ada konfirmasi dari pihak TNI AU. Pagi tadi anggota Koramil Siak Hulu menghubungi untuk menanyakan apakah betul saya pemiliknya," kata Abun.

Pesawat tempur milik TNI AU jenis BAE Hawk 209 jatuh di permukiman warga di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau pada Senin (15/6). Pesawat lepas landas dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Saksi mata mengatakan pesawat jatuh menimpa sejumlah rumah warga pada pukul 08.30 WIB. Pesawat diterbangkan Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nuryadin, Pekanbaru.

Apriyanto berhasil selamat usai melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat.

"Alhamdulillah pilot selamat. Sekarang dirawat di rumah sakit Lanud Rusmin Nuryadin," kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri kepada Antara di Pekanbaru. ZET