Dampak Kebakaran Gedung Telkom Pelanggan Beralih  ke Operator Lain

Kamis, 13 Agustus 2020

Gedung Telkom Pekanbaru, Riau, yang terbakar. Foto.ANews.

Pekanbaru (ANews) - Paska terbakarnya Gedung Telkom yang berada di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru, Riau Selasa sore (11/8). Sejumlah pelanggan operator Telkomsel di Pekanbaru, Rabu, mengaku beralih ke operator lain mengingat jaringan telekomunikasi anak perusahaan PT Telkom itu masih belum maksimal .

Pantauan di masyarakat memperlihatkan sejumlah orang telah berganti ke operator lain demi mendapatkan jaringan internet agar tetap bisa bekerja secara daring atau berkomunikasi dengan keluarga atau kolega bisnisnya.

Warga Pekanbaru penguna kartu halo dan Indihome mengatakan dan berharap Layanan dari Telkom segera pulih seperti semula karna banyak komunikasi bisnis dan Daring anak-anaknya terganggu dan bahkan lumpuh.

"Kami minta pihak Telkomsel segera bergerak cepat untuk mengatasi jaringan telekomunikasi ini, banyak sudah kerugian baik bisnis maupun anak-anak kita dalam belajar sistim Daring sekarang ini." ujar Andri Taslim yang juga ketua RT ini kepada ANews Rabu (12/8/2020).

Taslim mengaku saat ini dia beralih ke provider lain untuk berkomunikasi dengan keluarga dan rekan bisnisnya.

"Sekarang saya menggunakan kartu provider lain, untuk komunikasi dan belajar anak-anak dirumah. meskipun sekarang sulit cari kartu perdana selain Telkomsel di gerai-gerai penjualan di panam ini karna kehabisan stock." Tambah Taslim. 

Meski demikian, mereka tidak serta merta membuang nomor Telkomselnya namun hanya sementara berganti ke operator lain sampai jaringan Telkomsel normal kembali.

Warga di Kota Pekanbaru sebagian besar adalah pelanggan Telkomsel sehingga begitu operator seluler terbesar di Indonesia itu mengalami gangguan maka dampaknya akan sangat terasa, termasuk layanan Indihome yang menyebabkan pelanggannya tidak bisa mengakses internet.

Sebelumnya, pihak PT Telkomsel menyatakan layanan komunikasi ke pelanggan Telkomsel di wilayah Sumatera telah berangsur pulih dan mulai dapat akses kembali dengan normal, setelah sempat lumpuh total akibat kebakaran gedung Telkom di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Selasa sore.

“Sehubungan dengan sempat terjadinya penurunan layanan komunikasi Telkomsel di wilayah Sumatera sebagai dampak kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di kota Pekanbaru, dapat kami sampaikan perkembangan terbaru, bahwa layanan komunikasi baik telpon, SMS dan akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera yang sempat terdampak kini sudah berangsur pulih dan mulai dapat diakses kembali dengan normal oleh pelanggan,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel melalui keterangan tertulisnya Rabu (12/8/2020).

Ia juga mengatakan terima kasih atas dukungan Telkom Group serta masukan dari pelanggan setia Telkomsel dalam percepatan proses pemulihan layanan yang terdampak.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami juga mengapresiasi kepercayaan pelanggan yang tetap setia menggunakan layanan Telkomsel,” tutupnya.(HRZ)