Pelatihan Pengolahan Kulit Singkong Sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat

Selasa, 11 Agustus 2020

Pekanbaru (Anews) - Mahasiswa KUKERTA Balek Kampung Unri 2020 menggelar pelatihan Pembuatan Keripik Kulit Singkong sebagai salah satu bentuk pemanfaatan limbah domestik rumah tangga serta bentuk usaha untuk meningkatkan produktivitas masyarakat selama masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah saja. Kegiatan ini berlangsung pada Senin (10/08/2020)
bertempat di balai desa Beringin Makmur, kecamatan Kerumutan, kabupaten Pelalawan. 


Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang sangat sering dan mudah di temukan dimana-mana karena pada dasarnya tanaman ini sangat mudah tumbuh begitu juga di desa Beringin Makmur ini cukup mudah untuk mencarinya bahkan sudah banyak yang mengolah buahnya menjadi keripik, bubur, tapai,dan lain sebagainya. Namun belum ada yang memanfaatkan kulitnya sebagai bahan untuk membuat makanan yang enak dan gurih seperti keripik kulit singkong ini. 

“kulit singkong yang dapat diolah menjadi makanan adalah kulit yang berwarna putih atau kuning, bukan kulit yang paling luar melainkan kulit pada lapisan kedua dari ubi tersebut", ujar Zuwita romida manullang selaku Penanggung Jawab.

 
Walaupun mengikuti pelatihan, nyatanya peserta dan pelaksana pelatihan pengolahan keripik kulit singkong di Desa Beringin Makmur tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, memakai handsanitizer dan social distancing satu sama lain.

Berikut mahasiswa UNRI yang tergabung dalam tim Kukerta Balek Kampung antara lain Auriza Maiyeldi (Fakultas Perikanan dan Kelautan), Lulu Lyana Hanifah(Fakultas Perikanan dan Kelautan), Febi Betania Melas (Fakultas Perikanan dan Kelautan), Novia Muja (Fakultas Perikanan dan Kelautan), Zuwita Romida (Fakultas Perikanan dan Kelautan) Gomgom Munte (Fakultas Perikanan dan Kelautan) Yuniati (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Dorasi BR Hutapea (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Sumandiyah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Yosiandri Ashido N(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). 

Selama pelaksanaannya tim kukerta Balek Kampung UNRI bekerja sama dengan warga desa Beringin Makmur.

Tim kukerta Universitas Riau berharap sosialisasi pemanfaatan limbah domestik dari kulit singkong  ini dapat bermanfaat bagi warga desa beringin makmur. rls