Zulfahmi Kadis Perkim Hadir Pada Peresmian PAMSIMAS

Senin, 24 Agustus 2020

Rokan Hilir (ANews) - Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau (PEKAB-ROHIL) Secara resmi melaksanakan serah terima pengadaan, penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS) di Kepenghuluan Serusa Kecamatan Bangko sudah tuntas dibangun. 

Peresmian dan serah terima bangunan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Rohil H.Suyatno Amp kepada Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KP-SPAM) Pamsimas III KKM Mekar Jaya Kepenghuluan Serusa serta Kelompok Pemanfaatan dan Pemeliharaan (KPP), pada Sabtu (22/8/2020).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine pembukaan tirai nama Pamsimas oleh Bupati Rohil didampingi Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Riau, Ichwanul beserta Forkopimda. 

Turut hadir dalam peresmian itu, anggota DPRD Rohil Hermawan, Kadis Perkim Rohil Zulfahmi, ST., MT, Kakan Kemenag Rohil H Sakolan Khalil, Asisten III Pemkab Rohil H Ali Asfar MSi, para pimpinan tinggi pratama, para camat, lurah/datuk penghulu, Koramil 01/Bangko, Danpos Lanal Bagansiapiapi, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat. 

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi atas perhatian Kepala Balai PPW Riau terhadap pembangunan di Rohil sehingga beberapa program terwujud. 

Apresiasi juga disampaikan Bupati kepada Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PERKIM) Rohil atas kerja keras bergotong royong bekerja sama dengan masyarakat sehingga sarana air minum ini dapat terlaksana dengan baik dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak.

"Rohil termasuk yg terbaik progres pekerjaannya, untuk itu mari kita jaga dan pelihara bangunan Pamsimas yang ada ini agar terus bermanfaat sampai kedepannya," Pesan Suyatno. 

Adapun Pemerintah Daerah, sambungnya, akan terus bekerja keras merebut dana DAK di pusat sehingga banyak program yg akan masuk ke Rohil untuk mendukung pembangunan infrastruktur kedepannya, jelasnya lagi.

Sementara itu, Kadis Perkim Zulfahmi ST, MT memaparkan pada tahun anggaran 2019 melalui dana DAK untuk program Pamsimas di Rohil tersebar di 23 kepenghuluan dan 2 kelurahan yang dipusatkan di Kepenghuluan Serusa untuk sekaligus mengukuhkan Asosiasi SPAM. 

"Sesuai juklak ditingkat kabupaten maka kita membentuk Asosiasi SPAM yang di SK kan Bupati untuk membantu mengelola Pamsimas di setiap kepenghuluan," ujarnya. 

Kemudian, jelas dia, untuk program sanitasi di tahun 2019 tersebar di 7 pesantren dan 6 kepenghuluan berlanjut untuk program air minum/air bersih di 12 kepenghuluan melalui dana DAK. 

"Alhamdulillah semuanya terlaksana dengan baik dan di tahun 2020 ini program Pamsimas terus berlanjut sampai 2021 melalui dana DAK sudah diusulkan untuk program air minum dan sanitasi," kata Zulfahmi Kadis Perkim Rohil, mengakhiri.(lek)