24 Karyawan Hotel di Kota Padang Positif Corona 

Jumat, 25 September 2020

Padang (ANews) - Hotel berbintang di Kota Padang menjadi klaster penularan Corona. Satgas Penanganan COVID-19 Sumatera Barat menyebut di hotel itu terdapat 24 karyawan yang terkonfirmasi positif Corona.
"Iya, ada 24 kasus yang ditemukan pada pegawai hotel. ini adalah klaster baru, klaster perhotelan," kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal, kepada wartawan, Kamis (24/9/2020).

24 kasus itu terjadi di dua hotel, yakni Hotel Pangeran Beach di Jalan Juanda sebanyak 23 orang dan 1 lainnya karyawan Hotel Pangeran City yang berada di kawasan Jalan Dobi.

Jasman menuturkan hasil positif tersebut diketahui dari uji swab massal yang dilakukan pihak manajemen hotel beberapa hari lalu. Dia menggarisbawahi bahwa yang positif itu bukan pegawai frontliner atau pegawai yang berhadapan langsung dengan pengunjung hotel, melainkan pegawai bagian laundry, akunting dan lainnya yang tidak bertemu langsung dengan pengunjung.

Para pasien itu, saat ini tengah menjalani isolasi, baik isolasi mandiri maupun isolasi di fasilitas yang disediakan oleh pemerintah.

Sebelum klaster hotel ini, muncul juga klaster perbankan, dimana ada 74 orang pegawai Bank BRI Wilayah Sumbar dan Cabang Padang yang terkonfirmasi positif. Akibatnya, layanan nasabah dan ATM ditutup selama tiga hari.

Selain karyawan hotel, hari ini juga tercatat ada dua pejabat yang terkonfirmasi positif. Keduanya adalah Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Arry Yuswandi dan Direktur Utama RS Ahmad Mochtar Bukittingi Khairul Said.

Hingga hari ini tercatat sudah 5.150 orang warga Sumatera Barat yang terkonfirmasi positif, 103 orang meninggal dunia. Sementara yang sembuh tercatat 2.638 orang, selebihnya dirawat di berbagai lokasi.**