4 Juta Lebih Kuota Vaksin Covid-19 Untuk Provinsi Riau

Senin, 30 November 2020

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir. (Pic.dok-diskominfo)

Pekanbaru (ANews) - Pemerintah Pusat memberi kuota vaksin 4 juta lebih kepada Provinsi Riau untuk kekebalan tubuh mencegah virus Sars Cov 2 pada penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).  

"Kita Riau mendapat kuota ada sekitar 4 juta. Kuota vaksin itu disesuaikan dengan jumlah penduduk dan kriteria yang ditentukan," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (30/11/2020) di Pekanbaru.

Mimi menjelaskan, kriteria berdasarkan umur yang mendapat vaksin yakni umur 18-59 tahun. Kemudian tenaga kesehatan, tenaga pendidik, publik servis, tokoh agama, ulama dan sebagainya. 

"Ini diprioritaskan untuk orang yang belum pernah terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan orang yang sudah pernah positif tidak diberi vaksin, karena pasien itu sudah terbentuk antibodi di dalam tubuhnya," terangnya. 

Ditanya kapan vaksin akan didistribusikan dan dari mana, Mimi Nazir menyatakan saat ini vaksin masih dalam proses oleh pemerintah pusat. 

"Kalau vaksin dari mana, itu pusat yang tahu. Karena pengadaannya dilakukan pusat. Jadi kita belum tahu vaksin darimana, dan dapat vaksin yang mana. Namun yang jelas kalau sudah didistribusikan pasti sudah diujicoba keamanannya," jelasnya. 

Sedangkan teknis penyaluran, tambah Mimi, ketika vaksin datang dari pusut, pihaknya akan mendistribusikan ke kabupaten/kota, kemudian pelaksanaan vaksin di puskesmas. (ZET)