Penumpang Mudik Natal dan Liburan Tahun Baru 2021 di Selatpanjang Menurun

Senin, 04 Januari 2021

Kesibukan penumpang di Pelabuhan Selatpanjang, Kepulauan Meranti pada saat mudik dan libur Natal dan Tahun Baru 2021. (Foto: THZ/ANews)

Meranti (ANews) - Meski tahun Sebelumnya ribuan penumpang mulai memadati area kedatangan dan keberangkatan di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Dibandingkan dengan hari-hari biasa, saat ini terjadi penurunan penumpang yang mudik dan liburan sekolah yang bertepatan dengan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

"Kita tetap himbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan di Keberangkatan dan Kedatangan demi keselamatan arus musik penumpang Nataru dan Tahun Baru 2021 dan tahun ini menurun akibat dampak Covid-19 yang melanda," ungkap Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Selatpanjang Capt M Ridha R SH M Mar Lewat Kepala Bidang Keselamatan Berlayar dan Patroli Suharto, Senin (4/1/2021)

Ia berharap, keselamatan saat berlayar tetap di utamakan saat melakukan perjalanan pergi dan datang di Selatpanjang tetap merapapkan protokol kesehatan di sejumlah tempat pelabuhan Tanjung Harapan.

Sementara itu, Ade selaku Kasi Lalu lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhanan KSOP Selatpanjang mengatakan bahwa  saat memang terjadi penurunan penumpang dari tahun sebelumnya. 

"Akibat Covid 19 yang melanda, penumpang naik turun Selatpanjang 60, 83 persen selisih besar dari tahun yang lalu,  itu data dari 18 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021, sedangkan kita prediksi ada lonjakan atau malah menurun itu belum tahu ada sekitar 4 hari lagi," kata Ade.

Menurut Ade, dalam suasana Covid 19, kita tetap merapkan sesuai protokol kesehatan baik dari terminal maupun dikapal armada angkutan selama Nataru dan Tahun Baru 2021.

"Kita ada penambahan armada , menuju ke tanjung Buton Dumai Expres, sejak 25 Desember 2020, dan penambahan Armada 2 trip jalan yakni satu Nagaline dan Meranti Expres, dan aramada tetap jalan seperti biasanya," kata Ade. (THZ)