Kekuatan Semburan Mulai Berkurang, Diperkirakan Berlangsung Selama Empat Hari

Sabtu, 06 Februari 2021

Aktifitas semburan gas tampak pagi tadi di lokasi. (F:JAF/ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Memasuki hari ketiga, kekuatan semburan gas di area Pesantren Al-Ihsan Boarding School (IBS) II Tenayanraya sudah mulai berkurang. Hal ini tampak dari ketinggian semburan yang sebelumnya mencapai 15-20 meter ke atas, pada pagi ini hanya mencapai 5-10 meter saja. 

Demikian disampaikan Kapolsek Tenayanraya AKP Manafar Situmeang menjawab AmanahNews.com Sabtu (6/2/2021).

Saat ini lanjutnya, pemerintah di lokasi sudah mendirikan Posko bersama yang terdiri dari pihak Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan TNI/Polri.

"Posko ini untuk menjaga terjadi hal-hal yang tak diinginkan yang membahaya warga," ungkap Kapolsek.

Selain itu terangnya di lokasi semburan juga sudah dipasang police line agar masyarakat tidak mendekat lokasi. "Masyarakat dilarang masuk ke lokasi, berbahaya," ujar Kapolsek.

Menurut Kapolsek, dari hasil pertemuan dengan ESDM, diperkirakan semburan akan berlangsung selama 4 hari. 

"Untuk menekan kekuatan semburan, pihak ESDM mengatakan akan menambah lumpur padat ke lubang sumber semburan. "Jika masih belum ada perkembangan, maka akan dilakukan penelitian lanjutan," tutup Kapolsek. 

Dari pantauan AmanahNews.com di lapangan, petugas jaga menyampaikan bahwa pada pukul 08:00 WIB ada sebanyak 11 kali semburan gas dan material, pada pukul 09:00 WIB sebanyak 25 kali semburan, dan pukul 10:00 WIB ini sebanyak 35 semburan.

Hitungan semburan ini berlangsung selama durasi 1 menit. Semburan tertinggi 7 meter dihitung dari dasar tanah, sedangkan kalau dari tumpukan material sekitar 2.5 - 3 meter. (JAF/RNM)