Sisa 200 M Lagi, Warga Lega Sebagian Jalan ke Pemakaman Mayangsari-2 Diaspal

Senin, 08 Februari 2021

Kondisi Jalan Menuju Pemakaman Mayang Sari-2 sebelum dan sesudah Pengerjaan Pengaspalan/Semenisasi

PEKANBARU (ANEWS) - Warga di 5 (lima) RW Kelurahan Bambu Kuning dan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya, merasa lega dan bersyukur. Pasalnya, jalan menuju lokasi Pemakaman Mayangsari-2 yang terletak di Kelurahan Industri Tenayan Kecamatan Tenayanraya telah selesai diaspal Pemerintah Kota Pekanbaru pada akhir tahun 2020 kemaren. Meski bersisa ± 200 meter lagi dari 300 meter yang sudah dituntaskan.

Pengaspalan jalan sepanjang 200 meter dengan lebar 4 meter oleh Pemko Pekanbaru ini sudah lama di inginkan oleh masyarakat kaum muslimin sebagai pemilik tanah pemakaman Mayang Sari-2 tersebut.  

Lokasi Tanah Pemakaman Mayang Sari-2 memiliki luas keseluruhannya  ± 4 ha, yang dibeli melalui swadaya masyarakat di 5 RW, yaitu RW. 05, 09, 10, 12  Kelurahan Bambu Kuning dan RW. 13 Kelurahan Rejosari.

Demikian penuturan Ketua RW 10 Bambu Kuning Ahmad Herry menjawab AmanahNews.com Ahad (7/2/2021) di kediamannya.

Dituturkan, semenjak tanah Pemakaman Mayang Sari yang terletak di Jl Sail (Simpang BPG) Kelurahan Bambu Kuning dinyatakan penuh dan sudah tidak bisa diisi lagi, akhirnya pada awal tahun 2020 kemaren disepakati Pemakaman Mayang sari-2 mulai ditempati. 

Keputusan ini disepakati secara bersama oleh beberapa Pengurus Badan Sosial Kematian (BSK) beserta Ketua-Ketua RW yang tergabung di dalamnya.

"Ya, mulai tahun 2020 kemaren kita sepakati lokasi Pemakaman Mayang Sari yang lama kita tutup karena sudah penuh, dan Pemakaman Mayang Sari-2 yang terletak di Kelurahan Industri Tenayan yang berjarak ± 7 Km dari Pemakaman lama langsung kita isi," jelas Ahmad Herry.

Namun persoalannya waktu itu jalan akses menuju Pemakaman Mayang Sari-2 dimaksud masih jalan tanah dan jika hari hujan sulit untuk ditempuh oleh kendaraan roda dua maupun roda empat seperti mobil jenazah dan lainnya. 

"Alhamdulillah berkat kegigihan dan kekompakan warga mengusulkan ke Pemko Pekanbaru. Saat ini sudah terealisasi sepanjang 200 meter, sebelumnya juga sudah diaspal sepanjang 100 meter, "ungkapnya.

Penjelasan lebih lanjut juga disampaikan oleh beberapa Pengelola Pemakaman Mayang Sari-2 seperti H.Satar, Ali Amri, Suganda, Istikhori dan lainnya bahwa sebelumnya pembukaan jalan akses ke Pemakaman Mayang Sari-2 sepanjang ± 500 meter dilakukan secara swadaya. Artinya anggota pemakaman yang tergabung ber-iuran untuk menyewa alat berat.

"Ini  sudah dua kali kami lakukan, namun karena tidak disemenisasi atau aspal, pada musim hujan rusak lagi," ucap H Satar. 

Menurut warga, saat ini jalan akses menuju ke Pemkaman Mayang Sari-2 masih tersisa ± 200 meter lagi yang harus segera di aspal atau semenisasi agar semua lokasi pemakaman dapat dijangkau. 

"Ya, kita berharap kepada Pemko Pekanbaru melalui dorongan beberapa anggota DPRD bisa mewujudkannya dalam waktu dekat ini. Kita berharap demikian," kata salah seorang pengelola pemakaman. (AHR)