Dalam Musrenbang Kecamatan Cerenti Ada 12 Poin Usulan Prioritas

Kamis, 25 Februari 2021

Musrenbang Kecamatan Cerenti mengusulkan 12 Poin yang menjadi prioritas. (F:YSP/ANEWS)

KUANTAN SINGINGI (ANEWS) - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H Mursini Rabu (25/2/2021) kemarin membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tingkat kecamatan di Kecamatan Cerenti Tahun 2021.

Adapun tema yang diusung dalam Musrenbang kali ini adalah "Meningkatkan Perekonomian Daerah didukung infrastruktur yang Memadai dengan Kualitas Pembangunan Manusia dan Aparatur yang Berdaya Saing".

Hadir pada kesempatan tersebut, anggota DPRD Kuansing Dapil II, Kepala OPD,Camat Cerenti, Upika kecamatan cerenti, Korwil se-kecamatan Cerenti, Kepala sekolah, para kades serta perangkat dan ketua BPD se-kecamatan Cerenti.

Dalam arahan dan pidatonya Bupati Kabupaten Kuantan Singingi mengatakan sesuai rencana tahun sebelumnya pada tahun 2021 pemerintah akan memulai pemberian bantuan pupuk kepada petani dan sawit dan melakukan inseminasi buatan terhadap indukan sapi, bantuan bibit sawit, dan industri hilir karet kepada kepala desa.

"Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar mendukung program peningkatan perekonomian masyarakat melalui program pemberdayaan pada dana desa. Beberapa desa telah mulai mengunakan dana desanya untuk pengadaan dan pembibitan sawit dan oleh karena itu marilah kita bersinergi antara program kabupaten dengan program desa," tambahnya.

Musrembang Kecamatan Cerenti ini, selain memperkuat silaturahmi juga menunjukkan komitmen bersama-sama merumuskan perencanaan pembangunan di semua sektor di seluruh wilayah kecamatan pada tahun 2021 ini. Kegiatan pembangunan di Kecamatan Cerenti antara lain yang menjadi prioritas unggulan. 

1. Rehabilitas Jalan Kompe Berangin Kp. Baru Cerenti, Nees Cerenti II Kompe Berangin

2. Pembangunan taman, lapangan upacara, dan pagar SDN 010 Tanjung Medan 

3. Revitalisasi/ rehabilitasi ruang kelas SMPN 001 Cerenti 

4. Pembangunan rumah dinas dokter Puskesmas Cerenti 

5. Pembangunan kantor Kepala Desa Sikakak

6. Pengadaan moubilier SMPN 001 Cerenti

7. Pembangunan ruang kelas baru SDN 008 Kompe Berangin

8. Pembangunan ruang kelas baru SDN 005 Sikakak

9. Pembangunan Tugu Cerenti 

10. Pengadaan sapi Bali Desa Kompe Berangin 

11. Rehab jalan produksi Desa Sikakak 1 KM 

12. Rehabilitasi ruang kelas serta perabotnya SDN 003 Pulau Jambu

"Selain itu dalam kesempatan hari ini kita juga menghimpun prestasi publik dalam perencanaan pembangunan dalam sistem pembangunan BOTTOM UP Planning dimana perencanaan dimulai dari bawah sehingga apa yang dibangun itu benar-benar yang dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk itu pada kesempatan ini saya juga menghimbau agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya untuk menyalurkan aspirasi terutama dari saudara kepala desa, kepala sekolah, kepala UPTD dan stakeholder lainnya," pinta Mursini. (YSP)