Dugaan Pencemaran Anak Sungai Ati-ati, Dewan Janji Akan Tinjau Lokasi PKS PT. SSS

Senin, 01 Maret 2021

INDRAGIRI HULU (ANEWS) - Komisi III DPRD Kabupaten Indragiri Hulu, akan turun segera meninjau lokasi kegiatan PKS PT. Sanling Sawit Sejahtera (SSS) guna menindak lanjuti pengaduan masyarakat.

Pasalnya ada pengaduan dari Desa Rimpian Kecamatan Lubuk Batu Jaya (LBJ), bahwa terjadi pencemaran anak Sungai Ati-ati yang menembus batang Sungai Lalo di sana.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hulu, Masyrullah SP pada awak media Senin (1/3/2021).

Jika anak sungai Ati-ati tercemar limbah dari perusahaan SSS itu lanjut Masyrullah, otomatis PDAM yang berlokasi di Rimpian akan berdampak, karena batang sungai Lalo merupakan cadangan kebutuhan air bagi warga di sana,” pungkasnya.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Inhu lainnya, Ir.H.Adek Chandra MSi juga membenarkan telah menerima pengaduan terkait pencemaran di salah satu anak sungai.

Selain pencemaran kata Adek juga dibahas soal kondisi badan jalan, rusak dan berlobang akibat muatan melebihi tonase. Bahkan debu cukup tebal menyerang warga ketika musim kemarau.

Dan masyarakat meminta, agar perusahaan bertanggung jawab dalam penyiraman setidaknya tiga kali dalam sehari, serta merawat jalan guna kelancaran," tegas Adem Chandra politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Sebelumnya pasca limbah, Mill Manager PKS PT. SSS, Bambang menolak untuk dikonfirmasi. “Bos masih sibuk, dan setiap tamu harus bawa surat keterangan hasil tes swab antigen sebagai bukti bebas dari virus sesuai surat No.020/SSS-PKS/II/2021 yang ditujukan kepada penjaga,” jawab Oco selaku Danru PKS SSS tersebut.” (FRS)