Tri Wulan Pertama, Pelindo 1 Dumai Ekspor 25 Kontainer ke Port Klang Malaysia

Selasa, 06 April 2021

Sejumlah kontainer berjejer di pelabuhan Pelindo 1 cabang Dumai, Riau. (F:ZUL/ANEWS)

DUMAI (ANEWS) - Kegiatan Pelindo 1 Cabang Dumai semakin menggeliat. Selain melayani kegiatan curah cair dan curah kering serta jasa penundaan dan pemanduan kapal, perusahaan semi plat merah ini juga merambah bisnis kegiatan bongkar muat pelayanan ekspor kontainer atau peti kemas yang berskala international.

Di tri wulan pertama tahun 2021ini Pelindo 1 cabang Dumai sukses melaksanakan pemuatan sebanyak 25 boks peti kemas untuk diekspor ke Port Klang, Malaysia pada Ahad (28/03/21) lalu.

GM Pelindo I Cabang Dumai Jonedi Ramli mengatakan pemuatan peti kemas tersebut merupakan yang perdana di tahun 2021 ini. 

Dalam kegiatan pemuatan peti kemas ini pihaknya bekerja sama dengan perusahaan pemilik peti kemas PT Sagara Mitra Abadi. Pemindahan peti kemas dari trailer ke tongkang menggunakan shore cransennebogen berkapasitas 45 ton. 

"Kegiatan muat peti kemas dimuat diatas tongkang BG BH 2 pada 28 Maret 2021 pukul 22.50 WIB. Dan keesokan harinya pada pukul 07.00 WIB," ungkap Jonedi menjawab AmanahNews.com belum lama ini.

Tongkang bersama puluhan peti kemas tersebut langsung bergerak menuju Port Klang, Malaysia.

"Sebanyak 25 box peti kemas telah kita ekspor ke Port Klang Malaysia melalui Dermaga C Pelindo 1 Cabang Dumai, alhamdulilah semuanya berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan" ujar GM Pelindo I Dumai Jonedi Ramli, belum lama ini.

Jonedi berharap kegiatan perdana ekpor peti kemas ke jalur international ini menjadi titik tolak berkesinambungannya kegiatan ekspor dan impor peti kemas antar manca negara.

Pelindo 1 Dumai lanjutnya telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai dalam mendukung kelancaran kegiatan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Dumai.

"Kita memiliki fasilitas yang sangat memadai baik dari sisi container yard (lapangan penumpukan peti kemas) serta didukung dengan peralatan bongkar muat dan alat berat reachtaker yang selalu siap pakai disertai dengan operator yang kompeten dan handal," ungkap Jonedi Ramli.

Sementara itu Direktur Utama PT Sagara Mitra Abadi, Yudi pada pekan ini mengakui pengiriman peti kemas melalui Dermaga C Pelindo Dumai lebih efisien dibandingkan dengan daerah lainnya. Sebab, jarak tempuh dari Pelabuhan Dumai ke Port Klang diperkirakan hanya memerlukan waktu sekitar 20 jam perjalanan.

"Kami memilih Pelabuhan Pelindo Dumai karena posisinya yang strategis dan dekat dengan Port Klang, di sisi waktu sangat efesien diperkirakan hanya 22 jam saja sudah sampai ke pelabuhan tujuan, sementara jika kita menggunakan pelabuhan lainnya bisa-bisa baru sampai dalam 3 hari perjalanan," ungkap Yudi. (ZUL)