Dewan Pimpinan dan Pengurus MUI Kabupaten Kuansing Resmi Dilantik

Kamis, 08 April 2021

Pelantikan Dewan Pimpinan dan Pengurus MUI Kabupaten Kuansing masa khidmat 2020-2025. (F:ADM/ANEWS)

KUANTAN SINGINGI (ANEWS) - Dewan pimpinan dan perangkat organisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kuansing masa khidmat 2020-2025 resmi dilantik. Acara pengukuhan berlangsung Rabu (7/4) di Pendopo rumah dinas Bupati. 

Pengukuhan dilakukan oleh Ketua MUI Propinsi Riau Prof. Dr. Ilyas Husti MA berdasarkan Surat Keputusan (SK) pimpinan daerah Provinsi Riau nomor :Kep -137/XI/2020 masa khitmad 2020-2025.

Dewan Pimpinan yang dikukuhkan sebagai pengurus inti adalah Ketua Umum H. Bahtiar Shaleh. S. Ag. MH, Sekretaris Umum, Suhelmon, MA, Bendahara Umum Hj. Evi Isnaini, M. Ag, Eka Permata Sari, S. Ag, serta bidang organisasi yang lain. 

Ketua MUI Provinsi Riau Prof. Dr. Ilyas Husti MA dalam kesempatan itu mengatakan, setidaknya ada dua tugas yang harus dilakukan MUI Kuantan Singingi .

Pertama, sebagai pelayan masyarakat. Dimana masyarakat butuh kedamaian dan ketenangan. Apalagi saat ini Indonesia dilanda covid -19 yang belum juga berakhir.

"Maka MUI diharapkan mampu memberikan kesejukan dan kedamaian di tengah masyarakat," harapnya.

Peran kedua adalah agar MUI bisa menjadi mitra pemerintah. Dalam hal ini diistilahkan, tiga tungku sejarangan atau tali berpilin tiga, ulama, pemerintah, dan cendekiawan. 

Di kesempatan yang sama Bupati Kuansing Drs. Mursini M. Si mengatakan, agar MUI Kuansing membuat program kerja yang menyentuh dengan kebutuhan masyarakat luas. 

Seperti program lama shalat subuh berjamaah ke sejumlah desa perlu terus dilanjutkan. Begitu juga dengan program Magrib Mengaji yang juga merupakan program pemerintah daerah dalam rangka memberantas buta aksara Al-Qur'an. 

Bupati juga berpesan agar kerjasama tidak hanya dengan Pemda, tapi juga dengan Forkompinda yang lain, sehingga akan semakin mudah dalam melaksanakan kegiatan. 

Acara pengukuhan kemarin juga dihadiri oleh pejabat Forkompimda Kuansing, Sekda, tokoh masyarakat dan pengurus MUI Provinsi Riau. (ADM)