Pesawat Pemburu Kapal Selam P8 Poseidon AS Tiba di Lanud, Bantu Pencarian KRI Nanggala 402

Sabtu, 24 April 2021

Danlanud Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai menyambut kedatangan pesawat Poseidon P-8 USA di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai untuk membantu pencarian KRI Nanggala 402, Sabtu (24/4/2021). (F:infokomando.id-ANEWS))

JAKARTA (ANEWS) - Untuk membantu TNI AL mencari keberadaan kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali, Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Forces) mengerahkan salah satu pesawat mata-mata tercanggihnya P8 Poseidon yang tiba pada Jum'at 23 April 2021.

Dilansir dari Infokomando.id, informasi tentang kedatangan pesawat pemburu kapal selam Poseidon P8 ini disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Achmad Riad.

"Tim dari Poseidon P8 yang nantinya datang membantu sebagai operator dari US Airforce mudah-mudahan dapat segera datang untuk membantu proses pencarian. Timnya juga sudah tiba lebih dulu di sini untuk berkoordinasi," kata Riad saat konferensi pers, Jumat (23/4/2021).

"Kemudian terkait clearence semuanya sudah clear. Ini sudah kita terima seluruhnya, untuk Amerika Poseidon sudah clear," kata Riad.

Sebagaimana diketahui pesawat tersebut merupakan pesawat patroli maritim canggih milik angkatan udara AS yang berkemampuan intelijen, pengintaian, serta pencarian dan penyelamatan.

Oleh pabrikannya Boeing, pesawat ini dirancang dengan fungsi khususnya adalah menjalankan misi anti kapal selam. AS mengerahkan pesawat ini karena memilki kemampuan mengendus keberadaan kapal selam ratusan mil jaraknya. (*)