Forum Ikatan Keluarga Cerenti (F-IKC) Indonesia Terbentuk, Dr. H Almasri Ketua Terpilih

Senin, 07 Juni 2021

Melalui virtual,Forum-Ikatan Keluarga Cerenti Indonesia (F-IKC) terbentuk dan menyepakati Dr.H.Almasri sebagai ketua terpilih. (ist-ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Forum-Ikatan Keluarga Cerenti Indonesia atau yang disingkat F-IKC Indonesia telah terbentuk dan mengumumkan pengurus intinya secara virtual melalui zoom meeting. Secara aklamasi forum menunjuk Dr.H.Almasri sebagai Ketua untuk Periode 2021-2026. Forum ini merupakan wadah gabungan dari seluruh Ikatan Keluarga Cerenti diperantauan.

Penunjukkan Almasri sebagai Ketua dilakukan melalui Rapat Formatur yang berisikan beberapa orang mewakili dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti dari Jabodetabek, Semarang, Pontianak, Pekanbaru, Batam, Tanjung Pinang, Perawang, Teluk Kuantan dan Tembilahan. 

Formatur Pembentukan Pengurus F-IKC Indonesia dipimpin oleh Dharul Fitrah sebagai Ketua Formatur dan Erwan Mosra sebagai Sekretaris.

Dalam rapat malam itu selain menunjuk ketua, forum juga memutuskan untuk menunjuk 5 (lima) orang sebagai Wakil Ketua, Sekretaris dan Wakil Sekretaris. Penunjukkan beberapa orang Wakil Ketua dimaksud disesuaikan dengan kebutuhan organisasi karena masing-masing Wakil Ketua akan membawahi bidang yang berbeda, diantaranya bidang pemberdayaan organisasi, bidang pengembangan sumber daya dan lain sebagainya. 

Ketua terpilih dalam sambutannya setelah penunjukkan tersebut menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin F-IKC Indonesia untuk pertama kalinya. 

Almasri yang sehari-hari berprofesi sebagai dosen di Universitas Islam Riau (UIR) itu mengatakan bahwa amanah yang berikan menjadi dorongan agar F-IKC Indonesia dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan kampuang Cerenti, sehingga diharapkan Cerenti kedepannya mampu bersaing dengan wilayah sekitar serta masyarakat hidup lebih sejahtera. 

Lebih lanjut, Ketua terpilih yang menamatkan pendidikan doktoralnya di salah satu Perguruan Tinggi di negara tetangga Malaysia tersebut berjanji sesegera mungkin bersama pengurus terpilih menyusun Anggaran Dasar maupun Anggaran Rumah Tangga F-IKC Indonesia sebagai organisasi yang baru berdiri, melengkapi struktur organisasi beserta personilnya serta menyusun program kerja. 

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, dalam halal bi halal virtual IKC Jabodetabek pada tanggal 29 Mei 2021 atau 17 Syawal 1442 H lalu yang selain dihadiri oleh masyarakat Cerenti di Jabodetabek, juga dihadiri orang rantau Cerenti yang berada di berbagai wilayah Indonesia. Dalam kegiatan itu tercetus ide untuk membentuk komunitas baru yang merupakan gabungan dari seluruh IKC di Indonesia dalam wadah bersama, yang disebut IKC Indonesia. 

Ide yang dicetuskan oleh Bapak Sardison, yang juga merupakan Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tersebut disambut hangat dan langsung ditindaklanjuti. Atas saran dari salah satu tokoh senior warga IKC agar wadah tersebut lebih bersifat forum, maka akhirnya organisasi tersebut di beri nama Forum-Ikatan Keluarga Cerenti Indonesia (F-IKCI). (ALW)