Perdana, Guru MAN 1 Pekanbaru Atikah Hermansyah Raih Gelar Doktor

Sabtu, 07 Agustus 2021

Guru MAN 1 Pekanbaru Atikah Hermansyah. (F: ist-ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Guru MAN 1 Pekanbaru, Atikah Hermansyah, akhirnya meraih gelar doktor dalam bidang Pendidikan Islam di UIN Imam Bonjol, Padang. Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Karakter di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru, dalam sebuah sidang promosi yang berlangsung secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Dalam ujian promosi doktor tersebut, Guru Berprestasi tingkat Kota Pekanbaru tahun 2018 ini meraih predikat sangat memuaskan dengan nilai disertasi A+ (A Plus). 

“Saya panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berhasil lulus ujian terbuka dan meraih gelar doktor dari Kampus UIN Imam Bonjol Padang,” tutur Atikah. Ia berharap hasil penelitiannya itu dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan khususnya dalam bidang Pendidikan Islam.

Melalui riset ini, Atikah membuat sebuah model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru yang mengajar kewirausahaan. Atikah merupakan doktor pertama di MAN 1 Pekanbaru yang berhasil menyelesaikan perkuliahan selama tiga tahun melalui program Beasiswa Mora 5.000 Doktor Kementerian Agama RI.

“Untuk itu atas nama pribadi saya ucapkan terima kasih seluruh sivitas akademika dan Kepala MAN 1 Pekanbaru, kepada Kemenag Kota Pekanbaru, Kanwil Kemenag Riau, Kemenag RI, seluruh kerabat dan sahabat,” ungkapnya haru.

Promosi doktor yang berlangsung selama dua jam ini dipimpin oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr Martin Kustati, MPd dan sekretaris Wakil Direktur Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang Nurus Shalihin, MSi, PhD. Bertindak sebagai penguji, Prof Dr Mukhaiyar, MPd, Prof Dr Zulmuqim, MA, dan Dr Hadeli, MA, MPd. Sementara hadir sebagai promotor Prof Dr Syafruddin Nurdin, MPd dan Prof Dr Duski Samad, MAg juga puluhan tamu undangan yang menyaksikan ujian terbuka secara virtual.(*)