Ada 57 Titik Tersebar di Sumatera, di Riau Musim Hujan Kurangi Munculnya Hot Spot

Senin, 25 Oktober 2021

Saat ini Riau mengalami fase musim hujan yang terus mengguyur di sejumlah kota/kabupaten di Riau. (F: Ist-ANEWS)

PEKANBARU ANEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Pekanbaru mendeteksi melalui satelit hari ini, terdapat 57 titik panas di wilayah Sumatera, Senin (25/10/2021).

Adapun titik panas yang terdeteksi pada pukul 23.00 wib tersebut tersebar di Bengkulu 4, Jambi 2, Lampung 9, Sumatera Barat 1, Sumatera Selatan 26, Sumatera Utara 1, Bangka Belitung 12 dan Riau hanya 2 di Kota Bengkalis.

Menurut keterangan Kasi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru Marzuki, Senin ( 25/120/21), khusus di Riau turunnya titik panas disebabkan telah masuk musim penghujan jika ada itu melihat sebagian Provinsi Riau berlahan gambut.

“Lahan gambut yang ada di wilayah Riau tidak semuanya sama tingkat ketebalannnya melainkan bervariasi yang dimungkinkan titik panas berasal dari ketebalan lahan gambut yang dalam mengakibatkan masih ada titik panas di dalamnya,” katanya.

Dikatakan, khusus di wilayah Riau dimungkinkan titik panas terus mengalami penurunan karena puncak musim penghujan akan berlangsung bulan Novem er hingga Desember yang disertasi intensitas curah hujan lebih tinggi hingga 30 persen dari biasanya. (rls)