Harga Terus Melonjak, Petani Sawit Kuansing Berburu Inden Mobil Baru

Selasa, 02 November 2021

Teluk Kuantan (ANews) - Petani sawit sangat bersyukur, pada beberapa pekan ini harga TBS sawit melejit tinggi. Hal ini membuat para petani sawit berlomba-lomba berburu mobil baru, bahkan ada yang harus inden.

Menurut Data Dinas Perkebunan (DISBUN) Provinsi Riau, Harga Pembelian TBS (tandan buah segar) petani sawit untuk priode satu pekan ke depan naik menjadi Rp 3.392,29/Kg.

Alhamdulilah, saya merasa bersyukur semoga harga sawitnya bisa bertahan" kata Tilka Petani sawit saat dijumpai dirumahnya, Teluk Kuantan, Selasa (2/11/2021).

Menurut pengakuan Tilka, dia baru saja membeli mobil baru untuk isterinya.

"Alhamdulillah, saya kemarin baru saja membelikan mobil Agya untuk istri saya disalah satu Dealer di Pekanbaru," begitu pengakuannya kepada Amanahnews.com.

Namun sebut Tilka, tingginya harga sawit saat ini juga diiringi dengan naiknya harga pupuk yang begitu tinggi hingga mencapai Rp 400,000/Karung bahkan lebih, dari yang sebelumnya hanya Rp 300,000/karung.

"Harga sawit memang tinggi, tapi harga pupuk juga tinggi, seperti balapan," ucapnya.

Sementara itu mengenai peningkatan penjualan mobil baru seiring dengan kenaikan harga sawit ini juga dibenarkan Ali, Marketing Dialer di Pekanbaru.

"Untuk saat ini memang ada peningkatan pemesanan mobil baru, bahkan harus inden karena stock unit mobil habis. Harga sawit tinggi, permintaan unit mobil baru juga bertambah, " tutur Ali.

Hal senada juga diungkapkan Deri, salah satu karyawan di Bank Mandiri Pekanbaru. Dari sejumlah dealer mobil banyak yang mengakui para petani sawit kini sedang panen dan mereka berlomba-lomba membeli mobil baru.

"Bahkan banyak yang inden, seperti Innova Rebone, Fortuner dan Pajero yang jadi primadona petani sawit saat ini," ungkapnya. (SYP)