Bupati HM Adil SH Lakukan Pelayaran Perdana KPM Tirus Meranti

Rabu, 02 Februari 2022

Bupati Meranti H Muhammad Adil SH saat menghadiri acara Tasyakuran Pelayaran Perdana KMP Tirus Meranti lintasan Alai-Insit di Pelabuhan Roro Insit, Rabu (2/2/2022). (F:BOM/ANews)

MERANTI (ANews) - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Hadiri Acara Tasyakuran Pelayaran Perdana KMP Tirus Meranti Lintasan Alai-Insit di Pelabuhan Roro Insit, Rabu (2/2/2022).

Pihak ASDP Lutfi Pertama, PLT Dinas Perhubungan Piksot Ginting, Camat Tebing Tinggi Barat Safrizal, Kapolres Meranti di Wakili, PLT Dinsos Kadafi, Karantina Selatpanjang, Kepada Desa Insit, Pihak Jasa Raharja, Anggota DPRD Meranti, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama.

Jendral PT ASDP cabang Batam Kapten Lutfi Adi Pratama menyampaikan beberapa hal bahwa, transportasi sangat berbeperan di Indonesia dimana adalah urat nadi meningkat ekonomi. Dalam rangka meningkatkan pelayanan berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan sarana dan prasarana, karna hal ini sangat penting agar SDM berjalan dan industri barang meluas, hal ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah untuk membangun seperti akses transportasi.

"Sehingga diharapkan dengan kapasitas angkut KMP Meranti dapat meningkatkan konektivitas dan perekonomian masyarakat, ini adalah wujud keseriusan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi, kemudian mohon dijaga dan dirawat demi kenyamanan kita bersama, saya ucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH dan Forkompinda telah hadir dalam acara ini", ungkapnya Kapten Lutfi Adi Pratama.

Selanjutnya Kepala BPTD mengatakan bahwa dia sangat berbesar hati karna Meranti mendapatkan Kapal KPM Tirus Meranti, semoga hal ini menjawab masalah-masalah yang ada di laut khusus Kabupaten Kepulauan Meranti, penataan harus dilakukan sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat dan output nya cepat dan aman agar tercapainya suatu tujuan.

"Kami berpesan, Kementerian perhubungan selalu mendukung untuk akses di laut apa lagi untuk membagun sektor pekonomian khususnya di pulau terluar, maka dari itu mari kita sama-sama mewujudkan untuk kemajuan daerah, sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah daerah serta elemen masyarakat dapat bekerja sama dengan baik", ungkapnya Kepala BPTD Wilayah 4 Provinsi Riau 

Selanjutnya Bupati Meranti H Muhammad Adil SH menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kami menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Jenderal Perhubungan Darat yang telah hadir ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yang mana melalui Direktorat jendral perhubungan memberikann pelayanan transportasi kepada meranti yang merupakan daerah perbatasan Republik Indonesia melalui penyediaan Kapal Penyeberangan KMP Tirus Meranti.

Dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti, transportasi antar pulau memiliki peran penting sebagai urat nadi perekonomian. Transportasi aksesibilitas merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang Keberhasilan pembangunan terutama mendukung kegiatan perekonomian dalam masyarakat tak terkecuali daerah perbatasan seperti masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sistem transportasi yang baik harus didukung dengan Sistem berkeselamatan. Keterbatasan anggaran yang membutuhkan kerjasama dan dukungan antara Ketersediaan sarana dan prasarana transportasi dan aman, nyamanyang dimiliki oleh Pemerintah Daerah sehingga Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan. Dukungan sarana dan prasarana transportasi yang memadai telah diberikan oleh Kementerian Perhubungan melalui penyediaan armada kapal penyeberangan KMP Tirus Meranti yang nantinya dapat digunakan untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam melakukan aktifitas perpindahan orang dan juga barang antar pulau di Kabupaten Kepuiauan Meranti.

Berkenaan dengan pelayaran perdana Alai Insit Dumai menjadikan kebangkitan perekonomian melalui ketersediaan pelayanan transportasi berkeselamatan sebagai penunjang kegiatai masyarakat sehari-hari sehingga visi misi Bupati dapat terwujud dalam menciptakan masyarakat Kepulauan Meranti yang maju, cerdas dan pelayanan nyaman, yang aman, dan kegiatan bermartabat. Dengan kehadiran KMP. Tirus Meranti hendaknya dapat melayani penyeberangan antara pulau Tebing Tinggi di Pelabuhan Penyeberangan Desa Insit menuju Pulau Rangsang di Pelabuhan Penyeberangan Pecah Buyung yang biaya operasional nya juga disubsidi oleh Kementerian Perhubungan biaya melalui skema angkutan penyeberangan perintis.

Dengan beroperasinya KMP Tirus Meranti kami berharap dapat terbuka akses penyeberangan dari Batam Provinsi Kepri, Kabupaten Kepulauan ke Kota Dumai, Meranti menuju Tanjung Balai Karimun Melalui skema angkutan perintis sehingga dapat membuka Nererisoliran Kabupaten Kepulauan Meranti dan daerah lain.

Dengan kehadiran kapal KMP Tirus Meranti kami berharap pelayaran perdana KMP Tirus Meranti lintasan Alai Insit ke Pecah Buyung dan Alai Insit - Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti ini dapat berjalan dengan lancar dan selamat sehingga kapal ini dapat beroperasi melayani masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti Serta mampu mendorong terciptanya lapangan kerja yang dapat menyerap SDM lokal yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kemudian acara diakhiri dengan pemotongan tali pita oleh Bupati Meranti H Muhammad Adil SH dan Melakukan operasi perdana dari pelabuhan Alai Insit menuju ke penyebrangan Desa Pecah Buyung.(BOM)