Taman Kota, Tempat Rekreasi Multi Fungsi bagi Masyarakat

Selasa, 15 Maret 2022

Febby Asteriani.(Ist/ANews)


Oleh : Febby Asteriani, ST. MT 

 

TAMAN kota merupakan salah satu jenis Ruang Terbuka Hijau (RTH) di perkotaan. Salah satu tempat rekreasi yang bisa dikunjungi, bahkan diminati oleh segala usia baik anak-anak, remaja, dewasa maupun lansia adalah taman kota. Keberadaan taman kota dapat memberikan banyak fungsi dan manfaat.

Beberapa fungsi taman kota diantaranya ekologis, estetika, sosial dan ekonomi.  Pohon-pohon rindang yang biasanya terdapat pada taman kota dapat mengurangi polusi udara dan memberikan kesejukan. Taman kota juga dapat menjadi daerah resapan air, menambah keindahan suatu kota serta tempat untuk masyarakat berinteraksi sosial. Bahkan keberadaan taman kota juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dengan adanya berbagai jenis makanan yang dapat dijual serta berbagai jenis permainan yang disewakan.Masyarakat dapat menyantap kuliner sambil menikmati suasana di taman kota.

Taman kota juga dapat menjadi ikon bagi suatu kota dan menjadi salah satu tempat wisata. Selain itu taman kota juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai macam aktifitas dan tempat untuk menyalurkan hobi, baik kegiatan olahraga seperti jogging, jalan santai dan sebagainya, serta tempat untuk melakukan pengembangan kreatifitas. Aktifitas seni budaya juga dapat dilakukan di taman kota.

Agar masyarakat merasa aman dan nyaman berada di taman kota, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kelengkapan fasilitas taman kota (tempat duduk, lampu taman, pagar pengaman, tempat parkir, dsb). Seiring dengan perkembangan teknologi, tersedianya wifi juga menjadi salah satu faktor penarik bagi pengunjung. Selain itu, aksesibilitas yang mudah dijangkau juga diperlukan,terutama tersedianya jalur transportasi umum yang melewati taman kota tersebut.*

*Penulis adalah Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Islam Riau