Festival Perahu Baganduang Siap Digelar Besok

Jumat, 06 Mei 2022

Lubuk Jambi (ANews) -  Perahu Baganduang atau Perahu Beganduang adalah gabungan dari dua hingga tiga buah sampan panjang. Baganduang artinya bergandeng. Perahu-perahu ini dirangkai menjadi satu (diganduang) dengan menggunakan bambu. Perahu baganduang menjadi bagian dari tradisi yang ada di Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing, Riau. Yang akan di gelar Sabtu, (7/5/2022) di Topian Muko Lobuah Lubuk Jambi dan akan di buka langsung oleh Plt Bupati Kuantan Singingi, Drs. H.Suhardiman Amby Ak.MM.

Perahu Baganduang adalah kendaraan adat yang digunakan untuk tradisi Manjopuik Limau. Tradisi ini telah dilakukan masyarakat selama kurang lebih satu abad.

Perahu baganduang pertama kali digelar sebagai festival pada tahun 1996. Festival perahu baganduang dilaksanakan sekali dalam setahun, terutama pada hari raya Idul Fitri.

Semenjak daerah dan negara kita dilanda wabah covid 19, sejak itu pula acara festival perahu baganduang tidak digelar.

"Alhamdulillah, dan Insya Allah besok Sabtu tanggal 7 Mei 2022 Festival Perahu Baganduang siap digelar. " Demikian disampaikan oleh Kadis Pariwisata Kab Kuansing Drs Azhar, MM ketika dijumpai dilokasi yang didampingi oleh Ketua Panitia Defridinata yang merupakan masyarakat tempatan dan Beberapa pejabat lingkup Dinas Pariwisata Kuansing Maulina Reza, Suherman Yusuf, Nasjuneri, Ahmad Herry dan lainnya."

Kadis pariwisata Kuansing, Drs. Azhar, MM.

Kadis dan segenap jajaran panitia, berharap agar masyarakat datang dan dapat menyaksikannya. Acara akan digelar mulai dari pukul 13.00 wib hingga berakhir sore nya bertempat di Topian Muko Lobuah Lubuk Jambi."

"Harapan kita pelaksanaan festival budaya perahu baganduang ini dapat mengobati kerinduan masyarakat Kuansing yang sudah dua tahun tidak menyaksikan perahu baganduang"

Diterangkan Azhar, " Perahu baganduang merupakan warisan budaya kita yang mesti kita jaga dan kita lestarikan, kita mesti hargai warisan ini dengan tetap melaksanakan ritual prosesi parahu baganduang ini setiap tahun.
Pemerintah kabupaten Kuantan Singingi melalui dinas pariwisata dan kebudayaan akan berupaya membesarkan perahu baganduang ini sama dengan festival pacu jalur yang sudah mendunia dan Insya Allah Festival Pacu Jalur juga digelar pada tahun ini, tutup Azhar.(Ary)