Ikuti Pembahasan Draf Peraturan Bupati ASB, Sekda Bustami Wakili Bupati Bengkalis

Sabtu, 14 Mei 2022

Sekda Bustami Wakili Bupati Bengkalis, saat mengikuti pembahasan draf Peraturan Bupati ASB. (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bengkalis gelar Pembahasan Draft Rancangan Peraturan Bupati Bengkalis Tentang Analisis Standar Belanja (ASB) bertempat di Ball Room Grand Zuri Kota Pekanbaru.

Acara yang dhadiri oleh Bupati Bengkalis yang dalam hal ini di wakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H. Bustami.HY, dan dimulai pada Pukul 20.00 WIB, Jum’at (13/5/2022) Malam.

Selain Bupati juga turut hadir Narasumber Dr. Ihsan Dirgahayu, SSTP, M.AP Unit Kerja Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Jabatan Kepala Bagian Perencanaan pada Sekretariat Ditjen Bina Keuangan Daerah, kemudian Rizka Dytia Yuanita, SE, CGAA Jabatan? Staf Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah, Ditjen Bina Keuangan Daerah, Jifvy Magdalena Dina Paomey, S.IP., M.Ak, CGAA Jabatan? Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda selaku Sub Koordinator Wilayah IIIA Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah.

Pembahasan yang dipaparkan oleh Narasumber Kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis yaitu diawali dengan Dasar Hukum UU 23/2014, Pemerintah Daerah PP 12/2019, Pengelolaan Keuangan Daerah, PMDN 77/2020, Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah. Tujuannya yaitu merumuskan langkah-langkah untuk menilai dan menetapkan kewajaran atas beban kerja dan biaya yang digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan, selanjutnya menjamin bahwa anggaran yang di tetapkan berlaku efisien.

Kemudian Pembahasan Analisis Standar Belanja (ASB), latar belakang, Klasifikasi Belanja, selanjutnya Proses penyusunan ASB, Draft Perbub ASB, dan juga penerapan, agar SKPD menpedomani ASB dalam melakukan Perhitungan besaran belanja dan obyek belanja kegiatan dalam RKA SKPD.

Kemudian TAPD juga diharapkan melakukan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan ASB, selanjutnya ASB akan direview secara periodik untuk disesuaikan dengan Perkembangan Keadaan.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati Bengkalis yang diwakili Sekretaris Daerah H. Bustami HY menyabut baik atas diselenggarakan acara ini dan mudah-mudahan apa yang dibahas agar segera kelar dan mendapat berkah dari Allah Subhanau wa ta'ala.

Hadir dalam rapat pembahasan tersebut Tenaga Ahli Bupati Suparjo dan Mustafa Kamal, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra, Asisten Administrasi Umum Aulia, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Aready, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lainnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.(infotorial)