Bupati Adil Resmi Sandang Gelar Bupati Anom dari Keraton Yogyakarta, dengan Nama KMT. Projoadiwinoto

Selasa, 07 Juni 2022

Bupati Kepulauan Meranti Provinsi Riau, H. Muhammad Adil SH, MM resmi menyandang gelar Bupati Anom dari Keraton Yogyakarta dengan nama Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) Projoadiwinoto. (F:ist-ANews)

YOGYAKARTA (News) - Bupati Kepulauan Meranti Provinsi Riau, H. Muhammad Adil SH, MM resmi menyandang gelar Bupati Anom dari Keraton Yogyakarta dengan nama Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) Projoadiwinoto.

Prosesi penyerahan gelar bangsawan itu berlangsung di Balai Kesatriyan Komplek Puroyokoro Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Selasa (7/5/2022). Wisuda secara tertutup itu dihadiri langsung oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu, putri keempat Sultan Hamengkubuwono X dan para pembesar kerajaan lainnya.

Usai prosesi sejak pagi, sekira pukul 11.30 Wib, Bupati Adil keluar dari Bangsal Kesatriyan disambut anak dan istri tercinta, keluarga besar serta kolega. Adil mengaku senang dengan pemberian gelar yang didapatkannya dari Kesultanan Yogyakarta.

"Yang jelas ada tanggungjawab moral yang saya pikul sebagai Abdi Dalem Keraton Yogyakarta," sebutnya.

Menurut KMT. Projoadiwinoto, nama bangsawan H. M Adil, gelar yang didapat merupakan anugerah dan kepercayaan yang harus dijaga dengan baik. Tentu status sebagai Abdi Dalem tersebut, katanya, tidak akan mengurangi tanggungjawabnya kepada masyarakat Meranti. 

"Justru dengan ini, saya akan lebih termotivasi. Karena ada nama baik keraton yang juga harus saya jaga," ujar Adil.

Sebelum wisuda gelar itu, Bupati Adil telah mengikuti beberapa prosesi. Yakni pawiatan atau pendidikan tentang budi pekerti, budaya dan agama. Tujuannya agar Abdi Dalem mengerti akan sikap perilaku (unggah-ungguh, sopan-santun) budaya jawa dan juga pendalaman agama islam. Kemudian, dia juga melakukan ziarah ke beberapa makam pendiri Kerajaan Mataram sebagai cikal bakal Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sebagaimana diketahui, pemberian gelar Abdi Dalem melalui berbagai seleksi yang ketat dari Keraton Yogyakarta. Antara lain, harus memiliki prilaku dan sopan santun yang baik di tengah masyarakat serta pemeriksaan garis nasab atau keturunan dari calon Abdi Dalem. 

Turut diwisuda dalam prosesi itu, diantaranya Bupati dan Wakil Bupati Sleman Yogyakarta, sejumlah anggota dewan, perwira polisi dan lainnya. (rls)