Terobosan Baru Pacu Jalur di Kuansing, Plt Bupati Suhardiman Amby: Lapak PKL Gratis dan Suntikan Modal UMKM Maksimal Rp 2 Juta

Kamis, 14 Juli 2022

Plt Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby. Ft.Ist/ANews

Teluk Kuantan (ANews) - Event Pacu Jalur yang bakal digelar pada 21 - 25 Agustus 2022 mendatang di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, akan dilaksanakan dengan menonjolkan keberpihakan kepada masyarakat khususnya mereka yang bergerak dalam bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pernyataan itu diutarakan Plt Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby dalam wawancara khusus dengan Redaksi Amanah News di ruang kerjanya, Rabu (13/7/2022).

Dalam kaitan itu, kata Suhardiman, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Panitia Pacu Jalur 2022 akan mengakomodir kepentingan masyarakat yang bergerak di sektor UMKM. 

“Program keberpihakan ke UMKM yang akan meramaikan ajang pacu jalur ini benar-benar merupakan terobosan baru yang belum pernah dilakukan pada pacu jalur sebelumnya. UMKM tempatan ini akan kita fasilitasi dengan pemberian suntikan modal usaha maksimal Rp 2 juta di mana nantinya besar bantuan cuma-cuma itu akan disesuaikan dengan jenis usaha, kelayakan dan kebutuhan modal mereka," tambah Suhardiman.

Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby memimpin rapat persiapan dan evaluasi panitia pacu jalur, Rabu (13/7)

Diakui Plt Bupati Kuansing, selain pemberian modal yang pendanaannya bersumber dari dana Baznas itu, terobosan berikut pada event pacu  tahun ini adalah dengan menggratiskan penggunaan lapak dan kios untuk para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitar arena pacu jalur. 

"Kita akan siapkan nanti setidaknya ada 1.000 lapak PKL di sekitar arena pacu jalur. Lapak-lapak inilah yang akan diserahkan secara gratis untuk dimanfaatkan oleh para pedagang dan UMKM tempatan," tambah Suhardiman.

Agar pembagian lapak gratis dan bantuan stimulan modal usaha bagi UMKM yang bakal menggelar dagangan di arena pacu jalur itu tepat sasaran, maka proses seleksi sejak awal akan melibatkan para Kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Kuansing. Sebab, mereka yang paling tahu siapa saja pelaku UMKM di wilayahnya. Proses seleksinya bisa saja dengan menunjukkan KTP/KK atau dokumen lainnya.

Ditambahkan, khusus untuk para pedagang yang berasal dari luar Kuansing tidak perlu khawatir karena kehadiran mereka juga akan diakomodir oleh panitia dengan menyiapkan lokasi tersendiri. Sebab, biasanya arena pacu jalur ini selalu menjadi daya tarik tersendiri pula bagi para pelaku usaha yang ramai-ramai datang dari daerah luar Kuansing.

Menurut Plt Bupati Kuansing itu, event pacu jalur 2022 diharapkan berlangsung sukses, menghibur dan meriah karena kegiatan tahunan unggulan Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing ini sudah dua tahun vakum karena dampak pandemi Covid-19.

Guna mematangkan persiapan pacu jalur ini, Rabu (13/7) siang, Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing Drs Azhar MM selaku Ketua 1 Pacu Jalur 2022, memimpin langsung rapat evaluasi dan koordinasi para panitia pelaksana. 

Rapat ini dihadiri lengkap unsur Forkopimda Kuansing minus Sekda Kuansing Dedy Sambudi selaku Ketua Umum Panitia Pacu Jalur. Akan tetapi tampak hadir lengkap Kepala OPD, pemangku adat Kenegerian Kuatantan Tengah, Camat dan Kepala Desa se-Kecamatan Kuantan Tengah. (ZET)