Sejumlah Menteri Dijadwalkan Hadiri Pacu Jalur 2022 di Kuantan Singingi

Kamis, 14 Juli 2022

Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby. Ft.Ist/ANews

Teluk Kuantan (ANews) - Setelah sempat vakum dua tahun akibat Pandemi Covid-19 sejak 2020 yang lalu, event pacu jalur sebagai salah satu kalender unggulan Pariwisata dan Kebudayaan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, siap digelar pada 21 - 25 Agustus 2022 mendatang.

"Pacu jalur 2022 diharapkan berlangsung meriah, semarak dan sukses sehingga bisa menjadi 'penawar rindu' bagi masyarakat yang gandrung pacu jalur tradisional itu. Ini menjadi langkah awal dan titik bangkit sektor kepariwisataan dan kebudayaan Kuansing ke depan," ungkap Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby, ketika berbincang dengan Redaksi Amanah News di ruang kerjanya, Rabu (13/7/2022).

Salah satu indikasi bahwa pacu jalur 2022 menjadi titik bangkit kepariwisataan Kuansing, kata Suhardiman, dapat dilihat dari atensi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang dijadwalkan bakal hadir langsung pada pembukaan event Pacu Jalur 21 Agustus 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing Drs Azhar MM selaku Ketua 1 Panitia Pelaksana Pacu Jalur 2022. Ft.ist/ANews

"Menggembirakan kita adalah sejumlah menteri sudah menyatakan hadir pada ajang pacu jalur di Kuansing ini, antara lain Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni dan Wakapolri Komjen (Pol) Gatot Eddy Pramono. Informasi awal kehadiran para pejabat tinggi negara ini di Kuansing harus disikapi bersama secara positif dan bukan skeptis karena jelas sebuah kehormatan bagi masyarakat Kuansing itu sendiri," tegas Suhardiman.

Khusus rencana kehadiran Wakil Presiden Maaruf Amin, diakuinya, masih dibahas secara konkret. Namun demikian sejauh ini paling tidak sudah ada sekitar 70 persen peluang datang.

Menurut Suhardiman Amby, event pacu jalur 2022 bakal dikemas lebih apik lagi sehingga akan menjadi daya tarik ribuan orang termasuk para pecinta jalur dari luar Kuansing.

Selain itu, panitia pelaksana juga melakukan terobosan baru dengan mengucurkan suntikan modal usaha secara bervariasi hingga Rp 2 juta bagi pelaku UMKM tempatan  bakal menggelar dagangan selama event pacu jalur. 

Selain itu 'bonus' lainnya adalah menggratiskan lapak bagi para PKL yang bakal berdagang di sekitar arena pacu jalur. Padahal ketika pacu jalur tahun-tahun sebelumnya, lapak PKL ini jadi ajang pungli para preman dan oknum.

Sementara itu pada Rabu (13/7) siang Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing Drs Azhar MM selaku Ketua 1 Panitia Pelaksana Pacu Jalur tahun 2022 memimpin rapat lanjutan panitia event itu. (ZET)