Rakor Mondek Mondek Kuansing Luncurkan Program Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

Sabtu, 16 Juli 2022

Peserta Rakor foto bersama dengan Ketua IKKS Pekanbaru dr. Taswin Yacob.(F.ist/ANews)

Pekanbaru (ANews) - Kiprah nyata Ikatan Mondek-Mondek Kuantan Singingi (IMMK) Kota Pekanbaru, diharapkan bisa segera diwujudkan.

Untuk itu, seperti diakui Ketua Umum IMMK Rahmita Budiartiningsih SE, M.Hum dan Ketua Panitia Rakor Hj Maryenik Yanda SH ketika berbincang dengan Redaksi Amanah News, para “ladies Kuansing” yang tergabung dalam Ikatan Mondek-Mondek ini menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) selama satu hari di salah satu hotel berbintang di Kota Pekanbaru, Sabtu (16/7/2022).

Rakor sehari Mondek-mondek Kuansing dibuka Ketua Umum Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) Pekanbaru, Taswin Yacub, didampingi Sekretaris Umum IKKS Arman Lingga Wisnu.

Sidang pembahasan program IMMK yang dipimpin Dr.Hj. Nur Hafni M.Pd.(F.ist/Anews)

“IKKS sebagai rumah besarnya Ikatan Mondek-Mondek Kuansing, tentu sangat mendukung dan mengapresiasi semua kegiatan yang bakal diluncurkan oleh para mondek-mondek. Namun perlu diingatkan silakan susun program yang realistis, sehingga bisa dilaksanakan. Tidak perlu program muluk-muluk tetapi justru akan sulit direalisasikan,” tegas Taswin Yacub mengingatkan para mondek-mondek Kuansing.

Penyerahan program dari ketua Bidang kepada Pimpinan sidang IMMK.(ist/Anews)

Menurut Taswin Yacub, yang dibutuhkan masyarakat ke depan adalah kiprah nyata para mondek-mondek di lapangan. Salah satu yang ditunggu masyarakat khususnya kampung halaman di Kuansing adalah luncuran program mondek-mondek pada event pacu jalur yang bakal dilaksanakan pada 21 - 25 Agustus mendatang.

Menurut Rahmita, sinergisitas program kerja IMMK berbasis pemberdayaan masyarakat ini merupakan jawaban atas tantangan yang disampaikan Ketua IKKS Taswin Yacub dan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kuansing Suhardiman Amby kepada mondek-mondek agar berperanserta memajukan UMKM dan karya kaum wanita di Kuansing.

“Aksi nyata yang akan segera dilaksanakan para mondek-mondek Kuansing yang tergabung dalam IMMK dalam waktu dekat adalah memanfaatkan momen pacu jalur di Kuansing. Di event pariwisata dan kebudayaan Kuansing berskala nasional itu, para mondek-mondek akan memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) produsen Batik Kuansing dan berbagai makanan tradisional kampung halaman,” ujar Rahmita.

Para peserta Rakor IMMK .(Ist/ANews)

Dalam kaitan itu, tambah Rahmita, IMMK nantinya akan memfasilitasi gerai dan lapak yang akan menampung para pelaku UMKM batik Kuansing dan para mondek-mondek yang membuat beragam makanan tradisional yang saat ini mulai langka dijumpai. (ZET)