Masyarakat Tumpah Ruah Hadiri Festival Pacu Jalur 2022, Sandiaga Uno Sapa Warga: Salam Kayuah !!!

Ahad, 21 Agustus 2022

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Menparekraf RI Sandiaga Uno, Wamen Bapenas/ATR. Raja Juliantoni, dan Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby melambaikan tangan kepada penonton di Tribune arena Pacu Jalur Tepian Narosa Teluk Kuantan. (F:ist-ANews)

TELUKKUANTAN (ANews) - Festival Pacu Jalur Tahun (FPJT) 2022 merupakan iven akbar yang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Kabupaten Kuantan Singini (Kuansing) dan masyarakat Riau pada umumnya. Sempat vakum 2 tahun lantaran pandemi Covid-19, salah satu iven lokal yang masuk dalam agenda pariwisata nasional ini mendapat sambutan meriah dari masyarakat setempat. 

Para pengunjung dan penikmat pacu jalur berhimpun di lapangan Limuno menyaksikan pembukan FPJT 2022 yang diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, Ahad (21/8/2022) siang. Ribuan masyarakat tumpah ruah, bahkan pengunjung sudah datang sejak pagi menuju lokasi pertandingan pacu jalur untuk menonton. Jalan menuju kota Telukkuantanpun sudah mulai ditutup masuk kendaraan sejak pukul 10.00 wib. 

Dari pantauan AmanahNews.com di lapangan tampak para penjual berbagai makanan khas daerah, pedagang keliling ikut mengambil keuntungan dari helat akbar ini, sementara pihak kepolisian bertugas mengamankan kawasan sekitar.

Sepanjang sungai tampak berdiri tenda dan tribun untuk masyarakat menyaksikan langsung jalannya pertandingan. Tampak pula jalur yang telah dihias dengan berbagai warna dan siap untuk berpacu di Sungai Kuantan. Untuk biaya masuk tribun yang kini dibuat menjadi terbuka semua, masyarakat hanya merogeh kocek Rp 5000 saja per orang, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana tribun tertutup dengan biaya masuk Rp50.000 per orang.

Kedatangan Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno dimanfaatkan warga dengan mengabdikan foto-foto sang menteri kelahiran Riau ini. Serasa di kampung sendiri, Sandi panggilan menteri millenial ini menyapa warga Kuansing dengan ucapan " Salam Kayuah...!!! diiringi dengan senyuman khasnya. Masyarakat yang menyaksikan Sandi secara langsung pun mengambil kesempatan untuk berjabat tangan dan menyapanya dengan saapaan khas pacu jalur "Salam Kayuah...!!. 

"Salam Kayuah...!!! sapa Sandi tersenyum kepada warga. 

Dalam acara pembuakan FPJT 2022 ini selain Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno turut hadir Wamen Bapenas/ATR. Raja Juliantoni, anggota DPR RI Syahrul Aidi, Anggota DPD RI, Misharti, Gubernur Riau Syamsuar, Forkopimda Riau, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby, Ketua DPRD Kuansing Adam Sukarmis, Anggota DPRD Kuansing, Forkopimda Kuansing, tokoh-tokoh Riau, tokoh-tokoh Pendiri Kuansing, Bupati Siak Alfedri, Bupati Inhil HM Wardan, Bupati Bengkalis Kasmarni, dan sejumlah tokoh IKKS Pekanbaru.

Setelah dibuka Sandi, acara ditutup dengan menampilkan parade jalur yang berlomba. Pada tahun ini ada sebanyak 178 jalur yang ikut berpacu. Dalam parade ini, sejumlah jalur menampilkan penampilan dan atraksi terbaiknya. (HRZ)