Siap Dioperasikan, Konstruksi Tol Pekanbaru-Bangkinang Sudah 100 Persen

Selasa, 13 September 2022

Tol Pekanbaru-Bangkinang. (F:mcr-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, satu dari enam ruas tol baru di Indonesia akan segera dioperasikan. Jalan bebas hambatan tersebut, merupakan bagian Jalan Tol Trans Sumatera, Pekanbaru-Padang.

Project Director Tol Pekanbaru-Bangkinang, Bambang Eko saat dikonfirmasi memastikan kesiapan dan kontruksi pekerjaan sudah seratus persen. Namun, kapan mulai dioperasikan dan diresmikan, Bambang Eko belum bisa memastikan. 

"Kami belum tahu kapan fixnya, memang ada infonya begitu. Kita tunggu saja kabar dari pusat. Yang pasti, kalau kesiapan konstruksi sudah 100 persen, tidak ada masalah lagi," ungkap Prodir Tol Penang Tol Penang, Bambang Eko, Selasa (13/9/2022). 

Dia juga memastikan sudah tuntasnya pembangunan jalan tol tersebut, menurut Bambang Eko lagi, pihaknya bahkan sudah mengantongi sertifikat layak fungsi dan layak pakai dari Bina Marga Kemen PUPR. 

Keluarnya sertifikat tersebut menandakan jalan bebas hambatan menghubungkan ibukota provinsi dan Kabupaten Kampar tersebut sudah tidak ada masalah. Yakni terhitung dari akses masuk Sungai Pinang Kecamatan Tambang kabupaten Kampar hingga pintu keluar menuju Kota Bangkinang. 

"Kalau memang akan dioperasikan, kami sudah siap. Sertifikat layak pakai sudah ada,"  ucap Bambang Eko. 

Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengumumkan akan mengoperasikan sebanyak 6 ruas tol baru sepanjang 87 km. Satu di antaranya seksi ruas tol yang menghubungkan Pekanbaru-Padang, yakni Pekanbaru-Bangkinang. 

Pernyataan tersebut disampaikan Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, pada Kamis (8/9/22) lalu 

Dijelaskan, pengoperasian ruas-ruas tol tersebut tergantung pada keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) apakah ingin meresmikan atau tidak. 

Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Memiliki main road sepanjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area. 

Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan jika menggunakan tol jarak tempuhnya hanya 30-45 menit.(**)