Tembok Jebol Kini Menimpa Sekolah Al Fath, Tak Ada Korban Jiwa

Jumat, 07 Oktober 2022

Lima mobil terparkir tertimpa tembok roboh di Sekolah Al Fath Cirendeu, Ciputat, Tangsel. (F:Dok Polsek Ciputat Timur-Anews))

TANGERANG SELATAN (ANews) - Sebidang tembok pagar sekolah Al Fath di Cirendeu, Pisangan, Tangerang Selatan, jebol. Tembok tersebut jebol dan menimpa 5 mobil.

"Iya benar, tembok di Sekolah Al Fath roboh pada Kamis (6/10/2022) kemarin, tetapi tidak ada korban jiwa," ujar Kapolres Tangsel AKBP Sarly Sollu Jum'at (7/10/2022) mengutip laman detik.com.

Tembok pagar sekolah Al Fath tersebut ambruk pada, Kamis (6/10) sekitar pukul 14.30 WIB. Peristiwa ini terjadi saat hujan deras mengguyur kawasan Ciputat.

Sementara itu, Kapolsek Ciputat Timur, Kompol Yulianto menyebutkan bahwa tembok tersebut roboh akibat tidak kuat menahan debit air dari hujan deras.

"Tembok pagar lapangan Al Fath tidak kuat menahan debit air yang disebabkan oleh hujan deras," kata Yulianto.

Yulianto menyebutkan tembok tersebut roboh menimpa mobil yang parkir berjajar di pinggir tembok. Total ada 5 mobil yang tertimpa tembok roboh yakni mobil Toyota Fortuner, Toyota Raize, Toyota Alphard, Honda Jazz, dan Toyota Yaris.

"Tembok pagar Al Fath tersebut telah roboh dan menimpa beberapa unit mobil yang terparkir paralel sejajar dengan tembok tersebut," kata Yulianto.

Lebih lanjut, Yulianto menyebutkan tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

3 Siswa Tewas Tertimpa Tembok Gegara Banjir di Pondok Labu

Sementara itu tembok di MTsN 19 Pondok Labu roboh dan menyebabkan tiga siswa tewas. Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan tembok roboh akibat luapan air. Banjir kemudian menerjang area sekolah. 

Berikut kronologinya:

Isnawa mengatakan tembok di MTsN 19 roboh pukul 14.50 WIB. Saat itu hujan deras menyebabkan gorong-gorong air meluap.

"Kejadian bermula saat hujan deras menyebabkan air gorong-gorong meluap, dan menggenangi area sekolah MTsN 19," ujar Isnawa, dalam keterangannya, Kamis (6/10/2022).

Sekadar informasi, tembok yang roboh bukan dinding sekolah. Melainkan tembok panggung kegiatan yang berada di lapangan sekolah.

Sebelum tembok roboh, siswa sedang bermain dekat tembok tersebut. Cuaca juga sedang hujan lebat.

"Beberapa siswa yang sedang bermain di area taman sekolah tertimpa tembok yang roboh, karena tidak mampu menahan luapan air yang ada," kata Isnawa.
Tim damkar mengerahkan tiga unit mobil alat penyedot air. Proses penyedotan air yang dilakukan tim damkar ini juga dibantu oleh aparat kepolisian.

Terlihat genangan air banjir di MTsN 19 Pondok Labu itu kini perlahan mulai surut. Tim damkar dan polisi di lokasi masih berjibaku melakukan penyedotan.

"Dugaan sementara tembok roboh akibat luapan banjir," kata Kapolsek Cilandak Kompol Multazam Lisendra saat dihubungi, Kamis (6/10/2022).

Berikut identitas korban:
Meninggal Dunia
1. Dika (Kelas 8)
2. Dendis (Kelas 8)
3. Adnan E (Kelas 8)

Korban Luka-luka:
1. Aditya Daffa Luthfi (Kelas 8). (**)