Mondek Mondek Kuansing di Pekanbaru Tutup Penghujung Tahun 2022 dengan "Kunjungan Kasih"

Selasa, 03 Januari 2023

Mondek-mondek (ibu-ibu) asal Kuantan Singingi (Kuansing) yang tergabung dalam Ikatan Mondek Mondek Kuansing (IMMK) Pekanbaru. (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Mondek-mondek (ibu-ibu) asal Kuantan Singingi (Kuansing) yang tergabung dalam Ikatan Mondek Mondek Kuansing (IMMK) Pekanbaru, di penghujung tahun 2022 menutup kegiatannya dengan mengunjungi mondek-mondek yang sudah berusia lanjut yang berasal dari Kabupaten Kuansing yang berdomisili di Pakanbaru.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 2 hari pada tanggal 22 dan 24 Desember 2002 tersebut IMMK Pekanbaru mengunjungi 22 orang mondek-mondek yang sudah berusia di atas 70 tahun, dimana kondisi mereka banyak yang sudah sepuh dan sakit. 

" Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan, kegiatan kami fokuskan di bidang sosial dengan melakukan "Kunjungan Kasih" yang juga bersempena dengan peringatan Hari Ibu tahun 2022," ucap Rahmita Budiartiningsih, SE, M.Hum selaku Ketua Ikatan Mondek-mondek Kuansing Pekanbaru.

Mengunjungi mondek-mondek yang sudah berusia lanjut. (F:ist-ANews)

Oleh sebab itu, paparnya, dalam kunjungan ini IMMK Pekanbaru juga membawa 5 orang dokter dari Ikatan Mondek-mondek Kuansing Pekanbaru untuk mendampingi kunjungan 23 orang mondek lainnya yang terbagi dalam 4 tim wilayah kunjungan. 

Dari data yang terhimpun, IMMK Pekanbaru dapat berkunjung dan bersilaturahmi dengan mondek dari mondek IMMK, diantaranya: mondek Hj. Atunsiah Lutfi, Hj. Nuraini dari Inuman, Hj. Raja Aisyah, Hj. Raja Rahma, Asmaniar Husin, Hj. Nurhani dari Kuantan Tengah, Hj. Syamsidar,  Hj. Yuliana Jalilani dari Pangean, Hj. Yusnimar Manan, Raihana Manan dari Basorah, Hj. Yudarti, Hj. Nurisah dari Lubuk Jambi, Hj. Nurzahara S. Abrus dari Kuantan Hilir, Hj. Ruda Ani dari Benai, Hj. Darwanis, Hj. Nursiam dari Cerenti dan beberapa mondek lainnya. 

Kegiatan ini juga melibatkan 5 orang dokter dari Ikatan Mondek-mondek Kuansing Pekanbaru, yakni: dr. Eka Lutfi, dr. Meiza Ningsih, dr. Elda Nazriati, dr. Eka Bebasari dan dr. Deprika dan 23 orang mondek lainnya yang terbagi dalam 4 tim wilayah kunjung.

"Kunjungan Kasih" yang membawa rasa haru dan bahagia. (F:ist-ANews)

“Kami merasa sangat puas dan bahagia karena masih bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan sesepuh mondek-mondek Kuansing yang ada di Pekanbaru. Ada rasa rindu dan nostalgia saat bertemu dengan mondek-mondek yang saat ini sudah lebih banyak tidak bisa beraktiviatas dengan baik dan sebagaimana mestinya,” ungkap Rahmita.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pemeriksaan umum seperti pemeriksaan tensi, pemeriksaan THT dan pengecekkan obat-obatan yang dikonsumsi oleh mondek-mondek yang dikunjungi.

Rasa haru dan gembira terungkapkan dengan jelas dari mondek-mondek yang dikunjungi, terlukis dengan terucapnya rasa syukur yang berulang-ulang dan air mata kebahagian seorang ibu kala dikunjungi dan dipeluk mesra oleh anak-anaknya yang berasal dari berbagai kecamatan di Kuansing. 

“Terima kasih atas kunjungan dan bingkisan yang diberikan untuk mondek kami. Semoga mondek-mondek selalu dilimpahkan rezeki dan selalu dalam keadaan sehat,’ ungkap seorang mondek yang mondeknya saat dikunjungi IMMK Pekanbaru.

Rahmita pun mengungkapkan rasa syukur atas semua rentetan kegiatan kunjungan mondek mondek yang berjalan dengan lancar dan penuh dengan rasa haru dan bahagia. 

"Ada pertemuan yang tidak terduga, ada pertemuan nostalgia dan ada pertemuan kasih dan cinta diantara mondek-mondek baik yang dikunjungi maupun pengurus IMMK Pekanbaru,"katanya.

Rahmitapun berharap ke depan, di tahun 2023 ini IMMK Pekanbaru akan lebih banyak melakukan kegiatan sosial yang menyentuh masyarakat.

"Untuk ke depan di tahun 2023 ini, IMMK Pekanbaru komit untuk tetap fokus di kegiatan sosial kemasyarakatan yang langsung menyentuh masyarakat luas dan masyarakat Kuansing yang ada di Pekanbaru khususnya. Terlebih lagi untuk kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pemberdayaan kaum perempuan, " tutupnya.(*/rls)