Kecam Keras Illog di Bukit Tabandang, Datuk Songgo Dukung Tindakan Hukum

Kamis, 19 Januari 2023

Ilustrasi praktek Illog. (F:(ist-ANews)

KUANTAN SINGINGI (ANews) -  Kegiatan ilegal loging di kawasan Hutan lindung Bukit Tabandang Kecamatan Hulu Kuantan kian marak. Hal ini mendapat kecaman keras dari Penghulu Pucuk Empat Koto Lubuk Ambacang Syafrudin Datuk Songgo Kamis (28/2/2023).

Seperti yang disampaikan Syafrudin (Datuk Songgo  Empat Koto Lubuk Ambacang). Ia menyorot keras tindakan  pelaku ilegal loging yang jelas - jelas untuk masa yang akan datang sangat  merugikan anak cucu di Empat Koto Lubuk Ambacang.

"Saya prihatin dan mengutuk keras oknum  pelaku ilegal logging yang merambah hutan lindung Bukit Tabandang, dan saya mendukung upaya anak jati diri Hulu Kuantan untuk melaporkannya ke pihak berwajib,  agar ditindak secara hukum,'" ucap Datuk Songgo geram.

Syafrudin (Datuk Songgo  Empat Koto Lubuk Ambacang). (F:dok-Anews)

Dia menyebutkan, kawasan hutan lindung Bukit Tabandang tersebut merupakan kawasan hutan penyanggah atas keselamatan desa - desa yang ada di wilayah empat Koto Lubuk Ambacang dan masyarakat Kuansing secara umum yang bermukim di sepanjang aliran sungai Kuantan. 

Jika Hutan lindung Bukit Tabandang itu hancur lebur maka yang pertama kali merasakan dampaknya adalah masyarakat Empat Koto Lubuk Ambacang.

"Apabila Hutan Lindung Bukit Tabandang itu hancur lebur, maka dampak erosi, tanah longsor dan banjir akan mengancam keselamatan masyarakat di empat Koto Lubuk Ambacang dan masyarakat Kuansing secara Luas terutama warga yang bermukim di sepanjang aliran sungai  batang Kuantan,"  papar Datuk Songgo.

Selain itu Hutan Lindung Bukit Tabandang tersebut, tambahnya,  sejak dahulu telah kawasan tersebut menjadi sumber kehidupan masyarakat Hulu Kuantan dan sekitarnya. Untuk itu keberadaan Hutan Lindung Bukit Tabandang wajib kita pelihara dan lestarikan," tukasnya. (IYK/ANews))