Peringatan Dini, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Masih Berpotensi Guyur Sebagian Wilayah Riau

Rabu, 08 Februari 2023

ilustrasi

PEKANBARU (Anews) - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur sebagian wilayah Riau.

Demikian data prakiraan cuaca di wilayah Riau yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Rabu (8/2/2023).

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga dini hari dan hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Mia Vadilla, Rabu pagi.

Pada pagi hari potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir. Lalu, pada siang hari potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis dan Kota Dumai.

"Sore hingga malam hari potensi Hujan Intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kampar, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru," papar Mia.

Kemudian, kata dia, dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar, Kuantan Singingi, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ucapnya.

Potensi ini dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Kampar, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru pada sore, malam dan dini hari.

Lebih lanjut, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan Udara 55 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 - 30 Km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," pungkasnya. (*)