Harga Bokar Riau Pekan Ini di Tingkat Petani Alami Penurunan

Rabu, 08 Februari 2023

Ilustrasi

PEKANBARU (ANews) - Harga bokar Riau di tingkap petani pada pekan ini mengalami penurunan. Meski demikian, hanya Kabupaten Kampar yang masih menggunakan harga yang sama dengan harga pekan lalu.

Hal ini terungkap dari data yang disampaikan Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau yang merilis daftar harga komoditi bahan olahan karet rakyat (Bokar) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota Provinsi Riau, Rabu (8/2/2023). 

Menurut keterangan Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Disbun Provinsi Riau, Defris Hatmaja harga bokar/karet di tingkat petani atau KUB Kabupaten Kampar sebesar Rp9.550,-/kg harga pekan ini sama dengan harga pekan lalu.

Kemudian, tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp8.247,-/kg harga pekan ini turun dari harga pekan lalu sebesar Rp 285. 

Sedangkan di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp8.800,-/kg harga pekan ini turun dari harga pekan lalu sebesar Rp100.

"Untuk tingkat Apkarkusi Kabupaten Kuansing harga bokar sebesar Rp9.810,-/kg harga pekan ini turun sebesar Rp 110 dari harga pekan lalu," ungkap Defris.

Lalu, untuk di Kabupaten Indragiri Hulu ditingkat UPPB Sumber Makmur untuk minggu ini baru melakukan penjualan/lelang dengan harga Rp7.600 per kg turun sebesar Rp600 dari pekan lalu.

Kemudian, untuk Tingkat Kelompok Tani Getah Tender Masjid Al Ikhlas Pembinaan Bumdes Desa Petani Kabupaten Bengkalis harga pekan ini sebesar Rp9.799,-/kg harga pekan ini turun sebesar Rp76 dari harga pekan lalu.

"Sedangkan untuk harga bokar di tingkat pabrik atau Gapkindo KKK 100% untuk pekan ini sebesar Rp17.500 harga pekan ini naik Rp 500 dari harga pekan lalu," imbuhnya. (*)