Plt Bupati Kuansing Terima Surat Permohonan Persetujuan dan Naskah Akademik Pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu

Jumat, 17 Februari 2023

Plt Bupati Kuansing Suhardiman Ambi, Ak, MM, menerima Surat Permohonan Persetujuan dan naskah akademik Pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu dari tim BPPKKH, Kamis (16/2/2023) malam. (F: ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Tim dari Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu (BPPKKH) menyerahkan surat permohonan persetujuan dan naskah akademik tentang rencana Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Kuantan Hulu kepada Plt Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Datuk Panglimo Dalam Suhardiman Ambi, Ak, MM, Kamis (16/2/2023) malam di Pekanbaru.

Hadir dalam pertemuan Plt Bupati Kuasing Datuk Panglimo Dalam Suhardiman Ambi, Ak, MM, Ketua Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu (BPPKKH) H. Syarianto, SE, Wakil Ketua I dari Perwakilan Kuantan Mudik  Drs. Joyosman, MM,. M.Pd, Dt. Omar Dirajo, Sekretaris BPPKKH Dr. Fikri Idris, S.Psi,. M.Si, serta anggota tim Drs. Ahmad Fauzi. Serta Aherson, S.Sos, M.Si  mantan Komisi V DPRD Provinsi Riau, serta tokoh pemuda Aditya Permana.

Pertemuan yang berlangsung dis alah satu kafe tersebut dibuka oleh Ketua Tim BPPKKH H. Syarianto, SE yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan pertemuan ini dilakukan. Adapun tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memberikan secara langsung surat permohonan persetujuan pembentukan Daerah Otonomi Baru, naskah akademik, berita acara hasil rapat koordinasi dan konsolidasi dengan tokoh masyarakat, cerdik pandai, ulama, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan mahasiswa  yang diadakan beberapa waktu lalu, serta dokumen kegiatan yang sudah dilakukan oleh Tim BPPKKH. Semua dokumen ini diberikan kepada Plt Bupati Kuansing untuk mendapatkan dukungan dan arahan agar tuntutan masyarakat ini bisa terealisasi secepat mungkin.

Lebih lanjut Wakil Ketua I perwakilan dari Kecamatan Kuantan Mudik yaitu Drs. Joyosman, M.Pd,. MM menjelaskan kepada Plt Bupati tentang kegiatan yang sudah dilakukan oleh tim selama ini, potensi yang ada di 4 kecamatan Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Gunung toar, LubukAmbacang dan Pucuk Rantau yang belum teroptimalkan selama ini. Maka wakil ketua sangat mengapresiasi dukungan dan keseriusan Bupati untuk membuat Daerah Otonomi Baru Kuantan Hulu Ini.

Kemudian pertemuan itu diperkuat oleh Dr. Fikri Idris, M.Si selaku sektretaris Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu menjelaskan latar belakang mengapa perlu dibuat DOB Kuantan Hulu. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi selama ini oleh masyarakat, seperti potensi yang ada tidak teroptimalkan dengan baik, tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih rendah dan rentang kendali antara pemerintah dengan masyarakat yang terlalu jauh.

"Seperti jarak Pangkalan ke Taluk kuantan sejauh 70 km ke kota taluk Kuantan, Lubuk Ambacang sejauh 33 km dengan ibu kota, sehingga kondisi ini memperlambat proses layanan dan fasilitas kepada masyarakat. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan membuat daerah otonomi baru Kabupaten Kuantan Hulu.

Menurut Plt Bupati terhadap paparan Dr. Fikri Idris, S.Psi,.M.Si tersebut bahwa pada dasarnya sangat dia respon dan dia dukung.

"Saya selaku Bupati Kabupaten Kuansing mendukung dan menyetujui akan rencana pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu demi untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan kita bersama,"ungkap Suhardiman.

Dilanjutkan,upaya ini harus didukung dan lebih lanjut Plt Bupati juga mempunyai rencana untuk menjadikan Taluk Kuantan menjadi Kota.  

Menurut Suhardiman Ambi apa yang sudah dilakukan oleh tim sudah bagus, dengan menyerahkan surat dan dokumen tentang rencana pendirian DOB Kuantan Hulu. Ia pun menyambut baik apa yang dilakukan tim dan menyatakan bahwa surat permohonan dari tim, naskah akademik dan berita acara dari rapat koordinasi dan konsolidasi dengan tokoh masyarakat, cerdik pandai, ulama, tokoh perempuan, akademisi, tokoh pemuda dan mahasiswa serta dokumen lainnya ini akan diproses segera dan dibuatkan surat persetujuan pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu.  

Sementara itu Fikri Idris menambahkan ada hal yang menggembirakan dari pertemuan dengan Plt Bupati tersebut adalah tim diharapkan untuk segera melakukan Musyawarah Besar (Mubes) di kampung dan mengundang semua elemen masyarakat mulai dari kepala desa, camat dan tokoh adat dan Plt Bupati Bersedia menjadi pembicara dan membuka acara tersebut.

"Inilah wujud nyata dukungan dan keseriusan Plt Bupati untuk percepatan DOB Kuantan Hulu," tukasnya. (HRZ)