Plt Bupati Suhardiman Ambi Launcing Kalender Event Pariwisata Kuantan Singingi 2023

Senin, 20 Februari 2023

Plt Bupati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Drs. H Suhardiman Ambi Ak MM resmi melouncing Kalender Event Pariwisata Kuantan Singingi 2023 di Kecamatan Benai, Senin (20/2/2023). (F: ist-ANews)

TALUKKUANTAN (ANews) - Plt Bupati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Drs. H Suhardiman Ambi Ak MM  resmi melauncing Kalender Event Pariwisata Kuantan Singingi 2023, bersempena dengan pembukaan Musrenbang di Kecamatan Benai, Senin (20/2/2023).

Dalam agendanya, terdapat 23 Kalender Event selama tahun 2023 yang terdiri dari 10 Even Pariwisata dan 13 Event Kebudayaan dan Pariwisata antara lain, Festival Perahu Baganduang, Festival Batik, Festival Silat, Festival Sepak Rago, Festival Permainan Tradisional, Festival Reog, Fertival Mamucuak dan lain lain.

Menurut Plt Bupati, dengan banyaknya event pariwisata diharapkan UMKM memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mempergunakan momen ini sebagai tempat memasarkan produk.

"Dan secara tidak langsung kita berharap dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," sambung Suhardiman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kuansing Azhar menambahkan, ada beberapa alasan kenapa banyak event dilaksanakan pada tahun ini.

"Pertama adalah kita ingin melestarikan budaya yang mungkin sudah mulai menghilang dari kebiasaan masyarakat kita, seperti fertival permainan tradisional bermain gasing dan permainan rakyat lainnya," sebutnya.

Lanjut yang kedua, bahwa kita ingin memberikan apresiasi kepada masyarakat kita yang dengan tekun tetap melaksanakan beberapa tradisi secara mandiri seperti sepak Rago, silat, dan lain lain.

"Dan tahun ini kita suport dengan anggaran dari APBD, " ucap Azhar.

Yang ketiga pemerintah terangnya berharap dengan adanya festival ini yang dilaksanakan di beberapa kecamatan kiranya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui penjualan produk UMKMnya. (HRZ)