Mubes Pembentukan DOB Kabupaten Kuantan Hulu Pucuk Rantau Berjalan Lancar, Plt Bupati Kuansing Dukung Penuh

Selasa, 07 Maret 2023

Plt Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Suhardiman Amby hadir dalam acara Mubes Pembentukan DOB Kabupaten Kuantan Hulu Pucuk Rantau, Selasa (7/3/2023) di Lubuk Jambi.

LUBUK JAMBI (ANews) - Musyawarah Besar (Mubes) Masyarakat Kuantan Mudik lama untuk Pemekaran  Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kuantan Hulu Pucuk Rantau terselenggara dengan lancar, Selasa (7/3/2023) di Lubuk Jambi.

Hadir dalam Mubes siang itu, Plt Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Suhardiman Amby, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, SIK M.Si, Camat Kuantan Mudik Sadarisna,S.STP,  Ketua DPRD Kuansing diwakili Waka II Juprizal, SE M.Si, Anggota DPRD Kuansing Azrori, Para Kadis, Kabag, Camat, Kepala Desa, Lurah dan segenab Panitia Pemekaran Daerah Otonomi Baru Kecamatan Kuantan Hulu Pucuk Rantau, para Datuk, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Cerdik Pandai dan Tokoh Pemuda.

Sementara dari Tim Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kuantanhulu Pucukrantau (BPPKKP) yang hadir adalah ketua H. Syarianto, SE dan Sekretaris Dr. Fikri Idris,. S.Psi,.M.Si, Wakil Ketua Drs. Joyosman, M,Pd, Arman Lingga, SE, Dr. Irwan dan Deprianto. Indra Sukma, SH, Ir. Yusman Yusuef, M.T.  Tim Pembuat naskah akademik Prof. Dr. Ir. Rasoel Hamidy, Prof.Dr. Ir.Thamrin. M.Sc, Prof. Dr.Evi Suryawati, M.Pd, Dr. Ir. Syafrinal, MS.  Sementara dari tokoh perempuan hadir Dra. Hafni Ma’rifat. M.Sc dan Nana Rahayu. B.Sc Comn,  M.Si 

Mengawali sambutannya, Ketua Badan Pekerja Pembentukan DOB Kabupaten Kuantan Hulu Pucuk Rantau H Syarianto mengucapkan selamat datang kepada Plt Bupati Drs H Suhardiman Amby beserta rombongan yang telah berkesempatan hadir dalam acara Mubes ini. Kehadiran  Plt Bupati merupakan bentuk dukungan nyata untuk terwujudnya Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kuantan Hulu Pucuk Rantau ini.

"Terima Kasih, atas kehadiran Pak Plt Suhardiman Amby beserta rombongan, ini merupakan bentuk dukungan yang nyata dari Pemerintah Daerah Kuantan Singingi, demi terwujudnya Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kuantan Hulu Pucuk Rantau yang sedang Kita Perjuangkan sekarang,  mudah-mudahan segera  terwujud," ucap Syarianto Ketua Badan Pekerja Pembentukan DOB Kabupaten Kuantan Hulu Pucuk Rantau ini.

Selain itu kata Syarianto, Mubes ini merupakan  perwujudan semangat masyarakat untuk mewujudkan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB), karena dalam mubes ini seluruh elemen masyarakat dari empat Kecamatan yang ada ikut andil untuk mewujudkan cita - cita bersama masyarakat Kuantan Mudik lama.

" Untuk mewujudkan DOB ini, Kami tidak bisa bekerja sendiri, ini merupakan kerja Tim, mulai dari Pemerintah daerah, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, dan seluruh elemen masyarakat yang berada di dalamnya, sehingga menjadi semangat bersama untuk menjadikan sebuah DOB yang nantinya sebagai persyaratan pendukung bisa di buat secara bersama sama," ungkap Syarianto kepada Amanah News usai Mubes digelar.

Dijelaskannya, saat ini sudah ada 3 usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Provinsi Riau, Yakni Kabupaten Kampar Kiri, Kabupaten Indragiri Selatan, dan Kabupaten Kuantan Hulu Pucuk Rantau. Ketiganya sudah masuk dalam Program legislasi nasional (Prolegnas), artinya tinggal menunggu pembahasan di DPR RI. 

Bahkan, kata Syarianto, tanggal 13 bulan ini, seluruh dokumen persyaratan sebagaimana diatur dalam undang - undang nomor 23 tahun 2014, harus sudah sampai di Jakarta, artinya dalam waktu dekat ini, segera akan dibahas.

Di tempat yang sama Plt Bupati H Suhardiman Amby  dalam sambutannya, menegaskan agar DOB ini terealisasi, Ia meminta kepada Badan Pekerja Pembentukan DOB ini, pelajari seluruh persyaratan yang diperlukan untuk disiapkan dengan lengkap. Ia juga menekankan kepada para pejabat agar memberikan perhatian dan membantu menyiapkan segala syarat pendukung jika di butuhkan. Ia mendukung penuh, ini sebuah kesempatan untuk mengejar ketertinggalan daerah, ini salah satu langkah yang dapat mengejar ketertinggalan masyarakat, terutama menyangkut kesejahteraan.

" Pelajari dan siapkan seluruh dokumen persyaratan yang diperlukan, dan koordinasi dengan seluruh stakeholder di Pemerintahan Daerah Kuansing, supaya apa yang menjadi cita - cita masyarakat Kuansing dapat tercapai," pungkas Suhardiman Amby Plt Bupati Kuansing Datuk Panglimo Dalam. 

Acara Mubes dipimpin oleh Indra Sukma, SE selaku Anggota DPRD Kota pekanbaru dan dari mubes ini membuat kesepakatan beberapa poin, yaitu: 
Berdasarkan latar belakang sosial dan hukum di atas maka kami masyarakat Kuantan Mudik, Gunung Toar, Hulu Kuantan dan Pucuk Rantau yang diwakili Camat, Kepala Desa, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Cerdik Pandai, Alim Ulama, Tokoh Perempuan, Pemuda dan Mahasiswa telah bermusyawarah dan membuat kesepakatan secara bulat memutuskan sebagai berikut : 
1.Mendukung dan menyetujui pembentukan Daerah Otonomi Baru  dan  memekarkan dari Kabupaten Induk Kuantan Singingi dan membentuk Kabupaten Baru yang terdiri dari Kecamatan Kuantan mudik, Kecamatan Gunung Toar, Kecamatan  Hulu Kuantan , dan Kecamatan Pucuk Rantau menjadi sebuah Daerah Otonomi Baru yang diberi nama Kabupaten Kuantanhulu Pucukrantau.
2.Kecamatan Kuantan Mudik dimekarkan menjadi dua kecamatan yaitu Kecamatan Kuantan Mudik dan Kecamatan Kuantan Mudik Seberang.
3.DAERAH OTONOMI BARU, Kabupaten Kuantanhulu Pucukrantau akan terdiri dari 5 kecamatan, yaitu: Kecamatan Kuantan Mudik, Kecamatan Gunung Toar, Kecamatan Pucuk Rantau, Kecamatan Hulu Kuantan. Kecamatan Kuantan Mudik Seberang.
4.Daerah Otonomi Baru, Kabupaten Kuantanhulu Pucukrantau akan berbatasan dengan;
Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Singingi
Sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sumbar dan Jambi 
Sebelah Barat berbatasam dengan Provinsi Sumatra Barat
Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Indragiri Hulu dan Provinsi Jambi. (IYK/ANews)