Rajut Silaturahmi, Halal Bihalal IKHK Pekanbaru Rangkul Berbagai Kalangan

Sabtu, 13 Mei 2023

Ketua Umum IKHK Pekanbaru, undangan serta warga IKHK Pekanbaru berfoto bersama diacara Halal Bihalal Sabtu, (13/5/2023).(Foto.Ist/Anews)

PEKANBARU (ANews) - Suasana hangat dan penuh keakraban sangat tampak pada acara Halal Bihalal yang digelar kesatuan paguyuban Ikatan Keluarga Hulu Kuantan (IKHK) Pekanbaru di Wisma Jalur Pekanbaru, Sabtu (13/5/2023).

Para perantau yang berasal dari Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) ini terdiri dari berbagai kalangan usia dan strata sosial. Namun  demikian hal itu tidak merentang jarak diantara mereka. Bahkan acara yang tujuannya menjalin tali silaturahmi para perantau asal Hulu Kuantan ini merangkul semua kalangan masyarakat. 

Acara dihadiri oleh Asisten II Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi Ir. H. Maisir selaku mewakili Bupati. Tampak juga hadir Plt Ketua IKKS Pekanbaru Dr. Endrianto Usta, ST. MM,  beserta jajaran, Pembina IKHK Arman Lingga Wisnu, SE. Ada juga tokoh masyarakat Kota Pekanbaru Drs  H. Dastrayani Bibra, M.Si yang sekaligus urang sumando IKHK. Kakan Kemenag Kuansing Drs. H. Efrion Efni, M.Ag yang juga urang sumando IKHK. Jajaran Pembina/Penasehat IKHK Azwir, SH. MH, Nazarudin Romo dan lainnya serta  di semarakkan dengan kehadiran para mahasiswa asal Hulu Kuantan yang turut memberikan warna pada acara itu.

Diawali sambutan Ketua IKHK Pekanbaru Ahmad Herry, S.Pi. M.Si, yang mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran Pemkab Kuansing, IKKS Pekanbaru, seluruh Jajaran Pembina dan Pengurus IKHK.

"Saya juga apresiasi sekali atas kehadiran  adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam Himapalko, Impess, BMHK  beserta jajaran pengurus dan anggota," tuturnya.

Sembari mengucapkan Minal Aidin Walfaidzin, Ahmad Herry mengungkapkan   "Ya, terima kasih kepada semua pihak yang telah menghadiri undangan kita, semoga silaturahmi tetap terjaga dan semakin diperkokoh karena suasana,  kondisi dan tantangan kedepannya  semakin berat. Jika kita bersatu, Insyaallah kita akan menjadi kuat," ungkapnya.

Dijelaskan, bahwa perantau yang berasal dari Kecamatan Hulu Kuantan yang ada di Pekanbaru saat ini terdiri dari 500 KK dari 12 desa.

" Jadi ada sekitar 2000 an masyarakat Hulu Kuantan di Pekanbaru. Kita berharap tetap kompak selalu dan saling membantu,"ucapnya.

Selain itu Ahmad Herry juga menyampaikan bahwa pacu jalur di Hulu Kuantan akan digelar pada tanggal 2 - 4 Juni 2023 mendatang.

"Mohon jika ada waktu kita bersama-sama juga hadir untuk mengikuti pacu jalur di kampung halaman kita," ajaknya.

Selanjutnya  berturut-turut ikut memberikan sambutan Ketua Pembina IKHK Arman Lingga Wisnu, Plt  Ketua Umum  IKKS Pekanbaru Endrianto Ustha serta arahan dari Asisten II Pemkab Kuansing selaku mewakili Bupati. 

Ketua Pembina IKHK Arman Lingga Wisnu mengucapkan rasa terimakasihnya atas kelancaran acara ini.

Halal Bihalal kali ini kata Arman banyak dihadiri oleh pemuda dan para mahasiswa. Bahkan ada tiga ketua organisasi dan perkumpulan pemuda antara lain Ketua Himapalko Aqsal Faturahman, Ketua Imppes (Ikatan Mahasiswa Pelajar Sungai Pinang) Rahul Aqwa, serta Ketua Imakusi Kecamatan Hulu Kuantan Tomi Krisnanda.

"Kami mengajak para pemuda dan mahasiswa untuk selalu aktif di acara-acara silaturahmi dan aktif di organisasi-organisasi untuk menambah pengalaman dan jam terbang supaya generasi ke depan jauh lebih hebat dari sekarang ini," ungkapnya.

Harapannya agar masyarakat di perantauan  ikut serta berkontribusi dalam bentuk pemikiran dan gagasan untuk kemajuan daerah kita Kuantan Singingi," imbuhnya. 

Sementara itu salam sambutannya Asisten II Pemkab Kuansing. H. Maisir, mengatakan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi memberikan apresiasi kepada IKHK yang telah menggelar silaturahmi dan Halal Bihalal ini. 

"Mohon maaf dalam kesempatan ini seyogyanya bapak Plt Bupati ingin hadir bersama kita di sini, namun karena ada kegiatan yang tak bisa ditinggalkannya maka beliau berhalangan hadir dan kami mewakilinya pada kesempatan ini.

Beliau titip salam untuk warga Hulu Kuantan di Pekanbaru," katanya menyampaikan pesan dari Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby.

Plt  Ketua Umum  IKKS Pekanbaru Endrianto Ustha mengatakan IKKS sangat mensuport adanya kegiatan-kegiatan Halal Bihalal ini. 

"Kita berharap adik-adik para rekan mahasiswa untuk bergabung dengan WA group IKKS yang mana wadah tersebut dapat menyalurkan pikiran-pikiran positif untuk kemajuan kampung kita yaitu Kuansing" arahannya.

Beberapa tokoh yang hadir memberikan apresiasi kepada pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan acara Halal Bihalal tersebut.

Seperti yang ungkapan salah satu Tokoh Pemuda Hulu Kuantan, Ermansyah yang akrab disapa Bang ER. 

"Mari kita dukung warga IKHK yang mengikuti kontestasi pada perhelatan politik 2024 nanti seperti Bang Destrayani Bibra (ide) dan Bang Azwir. kepada Bang Destrayani Bibra (Ide) kami ucapkan terimakasih telah hadir dan berpartisipasi pada acara HBH IKHK Pekanbaru ini, " tutupnya.

Sebagai akhir dari rangkaian acara Halal Bihalal dilanjutkan dengan makan siang bersama, terlihat berbagai ragam menu  yang tersedia merupakan  khas masakan kampung. Ada gulai ikan samauang, gulai cipuik, dan aneka sambal yang menggoda selera. Tampak warga IKHK Pekanbaru sangat menikmatinya. (ARY)