Pasca Pemilu 2019

Pengamat: Ada Agenda Besar di Balik "Kemesraan" Mega - Prabowo

Peneliti Formappi Lucius Karus. (Foto: net/anews)

JAKARTA, ANEWS — Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus menilai, "kemesraan" Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto belakangan ini sudah melampaui dua sahabat lama.

Menurut dia, ada agenda politik besar di balik kebersamaan yang berusaha mereka tunjukkan ke publik.

"Sebagai pengendali dua gerbong politik besar, hampir pasti pertemuan demi pertemuan yang dilakukan keduanya merupakan bagian dari langkah politik penjajakan untuk sebuah kerja sama politik selanjutnya," kata Lucius seperti dikutip dari laman Kompas.com, Rabu (14/8/2019). 

Namun, Lucius mengatakan, kedekatan PDI-P dan Gerindra ini hanya terbatas pada dua partai itu.

Sampai saat ini, partai politik pendukung Jokowi lainnya belum menunjukkan kemesraan serupa.

Oleh karena itu, menurut Lucius, agenda politik yang tengah dibahas antara PDI-P dan Gerindra adalah terkait kursi pimpinan MPR, bukan kursi kabinet.

"Kalau kursi kabinet, nampaknya Gerindra tak bisa hanya mengandalkan PDI-P. Kursi kabinet merupakan medan bagi parpol koalisi pendukung Jokowi yang pembagiannya sangat bergantung pada kebijakan presiden terpilih Jokowi," ujar dia.

Lucius menyebut, peluang Gerindra bergabung ke koalisi tetap ada. Tetapi, lebih besar kemungkinan partai pimpinan Prabowo Subianto itu mengincar kursi Ketua MPR.

Sebab, tak tertutup kemungkinan Gerindra tengah melancarkan lobi politik membangun paket calon pimpinan MPR supaya didukung PDI-P.

Sekalipun PDI-P bersedia diajak bekerja sama, Megawati tak perlu mendapat persetujuan dari partai-partai politik pendukung Jokowi.

"Dia bisa secara otonom membangun paket calon yang terpisah dengan parpol koalisi lain," kata Lucius.

"Dan bersama Gerindra yang juga punya modal jumlah kursi terbanyak ketiga di parlemen, PDI-P dan Gerindra tinggal mencari satu-dua parpol tambahan beserta kelompok anggota di DPD untuk memastikan kemenangan merebut takhta tertinggi di MPR," katanya.

Kedekatan PDI-P dan Gerindra tampak belakangan ini. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menjadi tamu spesial dalam Kongres PDI-P Kamis (8/8/2019). Namanya disebut berulang kali oleh Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Kini, giliran Gerindra yang akan mengundang Megawati Soekarnoputri dalam hajatan mereka. Megawati diundang untuk hadir dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Partai Gerindra, September 2019. (kps/zet)



Tulis Komentar