Daerah

8 Warga Sijunjung Positif Covid-19 Ternyata Petugas Lapas 

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin. Pic.dok hms/ANews

Sijunjung (ANews) - Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat yang selama ini masih zona hijau dari dampak virus corona Covid-19, kini mulai berubah status menjadi zona merah.

Pertahanan daerah berjuluk "Lansek Manih" itu akhirnya jebol juga, menyusul diketahui ada delapan petugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Muaro Sijunjung, yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebelumnya Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman, dalam siaran pers nya melaporkan bahwa hari ini, Rabu (27/5), terjadi 27 pertambahan orang terinfeksi corona di Sumatera Barat (Sumbar). Tujuh orang di antara tambahan positif covid-19 itu adalah warga Sijunjung.

Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Rizal Efendi, Rabu (27/5) membenarkan adanya warga Sijunjung yang dinyatakan positif covid-19.

“Ada delapan petugas di Lapas terinfeksi positif Covid-19. Informasi tersebut berdasarkan laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc,” ujar Rizal.

Disebutkan ke delapan petugas Lapas itu sedang bersiap-siap untuk diisolasi ke Padang. Sementara hingga saat ini warga binaan Lapas belum ada yang terkonfirmasi dan dari hasil swab sebanyak 132 orang semua dinyatakan negatif. Sedangkan 253 warga binaan lainnya akan dilakukan test swab di Lapas Kelas II Muaro Sijunjung.

Sementara itu, secara terpisah Bupati Yuswir Arifin mengimbau masyarakat Kabupaten Sijunjung agar tetap tenang dan tak panik dan selalu terapkan protokol kesehatan meski sudah ada delapan orang dinyatakan positif Covid-19.

Imbaun itu disampaikan Bupati Sijunjung menyusul keluarnya hasil laporan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dengan Nomor surat 547/05/PDRPI-FK/2020 tanggal 26 Mei 2020, yang mengeluarkan hasil pemeriksaan dari 20 sampel swab Sijunjung yang diperiksa, dinyatakan 8 positif terkonfirmasi Covid-19, Rabu.

“Sebanyak 20 sampel Swab merupakan petugas Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas II Muaro Sijunjung dan dinyatakan positif 8 orang. Untuk warga binaan sendiri, telah dilakukan tes swab sebelumnya dan dinyatakan negatif," kata Yuswir ketika dihubungi Wartawan Harian Amanah News dan reporter www.amanahnews.com via ponsel, Rabu siang.

Pagi (27/5) tadi sebanyak delapan orang yang positif dijemput petugas dan langsung dikarantina di BKPSDM Provinsi Sumatera Barat, tambah Bupati.

Kemudian pada 27 Mei 2020 akan diambil sampel Swab untuk sebanyak 253 orang dari keluarga yang terkonfirmasi untuk dilakukan pemeriksaan labor. "Seluruhnya telah dilakukan isolasi mandiri dan diawasi oleh Puskesmas Gambok,” ungkapnya. ZET



Tulis Komentar