Daerah

Usulan Kawasan Industri Halal Tenayan Pekanbaru Dimatangkan Pemprov Riau

Asisten II Setda Provinsi Riau, Evarefita. (hms/anews)

Pekanbaru (ANews) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengadakan rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan dan mematangkan usulan kawasan industri halal Tenayan Pekanbaru, di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Selasa (27/10/2020).

Pemprov Riau yang diwakili oleh Asisten II Setda Riau, Evarefita menerangkan bahwa rakor ini dalam rangka melihat kesiapan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terkait hal yang harus dipersiapkan menuju kawasan industri halal tersebut.

Ia menyebutkan, dalam rangka mewujudkan kawasan industri halal ini, pemko harus menyediakan lahan minimal 50 hektar dan harus segera mengajukan proposal perencanaan terlebih dahulu ke pusat.

"Sabtu lalu kami baru mengikuti webinar terkait kawasan industri halal ini, ada enam kawasan yang dicanangkan di Indonesia salah satunya kawasan industri halal Tenayan," ujarnya.

Evarefita meminta pihak Pemko Pekanbaru segera membuat proposal singkat apa yang akan dibuat di kawasan tersebut yang tentunya dengan poin-poin kawasan industri halal yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

Ia menambahkan, kawasan halal itu harus betul-betul menunjukkan unsur halalnya seperti bahan baku, bahan penolong, sumber dana, teknologi yang digunakan, serta proses pengolahannya harus halal.

"Hal yang menjadi poin penting dalam kawasan itu harus mengandalkan bahan baku yang menjadi potensi komoditi di Riau," ungkapnya.

Asisten II Riau ini menerangkan, kawasan industri halal tenayan ini akan masuk dalam kawasan industri tenayan yang diharapkan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat.

Ia juga meminta pihak Pemko Pekanbaru untuk segera membuat proposal perencanaan, ketika pusat membaca diharapkan bisa berjalan paralel dan membuat investor tertarik untuk berinvestasi di kawasan itu.

"Secepatnya segera melakukan pengajuan sehingga gubernur bisa melihat sejauh mana persiapan kita," katanya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kadis Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Riau, Asrizal, Asisten Setda Pekanbaru El Syabrina, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Ahmad Ingot. (ZET)



Tulis Komentar