Ekonomi

Stabil, Harga Bokar Pekan Ini Rp22.300 per Kg

ilustrasi

PEKANBARU (ANews) - Harga bahan olahan karet (bokar) di tingkat pabrik atau Gapkindo KKK 100% untuk pekan ini sebesar Rp22.300 per kg.

"Harga bokar pekan ini tidak mengalami kenaikan dan penurunan harga dari pekan lalu, masih sama yaitu Rp22.300 per kg," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja, Selasa (1/3/2022).

Sedangkan, bokar ditingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota Provinsi Riau, yaitu untuk harga bokar/karet ditingkat petani/KUB Kabupaten Kampar sebesar Rp. 11.700,-/kg tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga dari harga pekan lalu atau harga minggu ini masih sama dengan harga pekan lalu.

Lalu, tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp. 10.992,-/kg mengalami penurunan harga dari harga pekan lalu sebesar Rp 218,-/kg, di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp. 12.000,-/kg harga pekan ini tidak mengalami penurunan dan kenaikan dari harga pekan lalu atau harga pekan ini masih sama dengan harga pekan lalu. 

Sedangkan, untuk tingkat Apkarkusi di Kabupaten Kuansing  harga bokar sebesar Rp. 12.358,-/kg harga minggu ini mengalami penurunan  harga dari harga pekan lalu sebesar Rp 54,-/kg, ditingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp. 11.200,-/kg harga pekan ini mengalami kenaikan harga dari harga pekan lalu sebesar Rp 300,-/kg.

"Kita di dinas perkebunan selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB. Sehingga mutu hasil karet rakyat  menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," jelasnya. (*)



Tulis Komentar