Opini

Aktifitas Jemaah MMJ Dalam Penyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun 1443 H

Progres pembangunan area parkir MMJ pada pekan ke 4. (F:ist-ANews)

Oleh : Suzanna Hadi Ma’rifat

Ramadan Mubarak atau Ramadan yang diberkati atau Ramadan Bahagia tahun 1443H dalam hitungan hari akan segera menjelang. 

Umat Islam dimanapun berada di seluruh muka bumi menanti datangnya bulan penuh berkah ini dengan suka cita. Selama bulan Ramadhan seluruh aktifitas yang di lakukan akan diganjar dengan pahala yang berlipat-lipat dibandingkan dengan 11 bulan lainnya.

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” Demikian petikan hadis dari HR. Ahmad mengenai keutamaan bulan Ramadhan.

Kegembiraan menanti datangnya bulan penuh berkah ini tidak hanya terjadi di Indonesia atau negara-negara dengan pemeluk agama Islam mayoritas, namun juga bagi WNI yang berada di  luar negeri, seperti Jepang umumnya dan jemaah Masjid Mihara Jepang khususnya.

Sejak dari 3 pekan yang lalu, MMJ sudah mulai berbenah untuk menyambut bulan mulia ini. Jemaah MMJ bergotong royong membersihkan lingkungan masjid. Untuk mengantisipasi ramainya jemaah yang akan hadir melaksanakan ibadah sholat sunat taraweh, setiap akhir pekan, area parkir diperluas agar dapat menampung lebih banyak kendaraan bermotor roda 4.

Saat ini halaman samping MMJ yang semula merupakan lahan tempat bercocok tanam, dirubah peruntukannya menjadi area parkir.

Ghirah umat Islam atau semangat yang mampu membangkitkan segenap rasa kegembiraan dalam menyambut bulan suci Ramadhan dari tahun ke tahun selalu sama, bersemangat dan penuh suka cita. 

Suasana bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang spesial dan menyimpan banyak kenangan. Di bulan yang suci ini setiap orang beriman bisa lebih dekat kepada Sang Pencipta, keluarga, bahkan teman-teman. Di MMJ pertemuan yang biasanya diadakan sekali dalam sebulan, frekuensinya bertambah selama bulan Ramadhan menjadi setiap akhir pekan.

Ada hal-hal yang bagi sebagian orang akan merindukan momen-momen tertentu yang hanya terjadi pada bulan suci, di antaranya berbuka bersama, menemukan dan menikmati aneka ragam takjil saat berbuka,  sholat taraweh dan walaupun jauh dari negeri tercinta, persiapan menyambut bulan suci tetap dilaksanakan secara maksimal.

Sabtu siang akhir pekan ini, tim kominfo mengunjungi MMJ meminta pandangan direktur terkait gotong royong yang sedang berlangsung saat ini dan kegiatan yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan.  

Salah satu tugas utama MMJ adalah memberi rasa nyaman bagi setiap jemaah yang datang, baik yang datang untuk menunaikan sholat wajib, melaksanakan i’tikaf juga sebagai tempat untuk berkonsultasi. Demikian disampaikan direktur MMJ H. Tarmizi Umar membuka percakapan.

Untuk itu maka di pandang perlu bagi pengurus MMJ untuk menyediakan fasilitas demi kenyaman bagi setiap pengunjung. Saat ini MMJ sudah dapat menampung hingga 20 orang musafir untuk menginap. Ada 4 kamar yang dapat difungsikan sebagai tempat beristirahat 2 kamar untuk laki-laki dan 2 untuk perempuan.

Gotong royong jemaah MMJ memperluas area parkir masih terus berlangsung dan sudah memasuki pekan ke 4, diharapkan area parkir baru bisa menampung tambahan 8 kendaraan roda 4 lagi.

Mengingat lokasi MMJ berada di lingkungan perumahan penduduk, dirasa perlu untuk mendirikan pagar pembatas agar penduduk sekitar tidak merasa terganggu oleh aktifitas keluar masuk jemaah ke dalam lingkungan  masjid.

Pagar pembatas. (F-ist-ANews)

Kesibukan jemaah dengan pekerjaan masing-masing menyebabkan gotong royong hanya dapat dilakukan pada setiap hari Ahad, maka kegiatan ini akan terus berlangsung selama bulan suci Ramadhan. 

Secara perlahan  MMJ akan berusaha mengikuti apa-apa yang dulu pernah di lakukan oleh baginda Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam Yang Mulia di masjid, seperti menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan kemasyarakatan umat Islam dan tempat belajar dan memperoleh pengetahuan mengenai keagamaan.

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1443 H ini, selain kegiatan fisik di atas, seperti tahun-tahun yang lalu, setiap akhir pekan MMJ juga akan mengadakan acara berbuka bersama, sholat taraweh, tadarus dan i’tikaf. 

MMJ juga menerima pembayaran zakat fitrah dan infak, saat ini pengurus MMJ sedang mendata nama-nama yang berhak untuk menerima zakat fitrah.

Alhamdulillah sejak pekan pertama bulan Maret 2022, kondisi Covid-19 di Jepang sudah melandai, perjalanan orang sudah tidak di batasi lagi, namun tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dalam segala aktifitas.

Direktur berharap Hiroshima umumnya dan MMJ khususnya bisa menjadi salah satu tujuan wisata religi bagi wisatawan  domestik maupun manca negara, dengan harapan nama MMJ menjadi semakin familiar bagi para wisatawan.

Untuk itu bagi siapapun yang berniat untuk berkunjung, dapat menghubungi nomor kontak yang tertera di bawah ini dan yang ingin berbagi rezeki dalam bentuk zakat maupun infak kepada MMJ dapat menyalurkannya melalui nomor rekening di bawah, tutur Tarmizi mengakhiri pertemuan siang kami.

Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah, kemuliaan bulan seribu bulan, saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. 

Segenap pengurus MMJ mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. 

Tim Divisi Kominfo MMJ alamat: kode pos 729-2251, Hiroshima Ken, Mihara Shi, Saizaki Kumaki 13-24, Japan. Nomor tilp.: +8190-8600-9308; email: [email protected]; FB: Mihara Masjid; Twitter: @masjidmihara;  Rekening: Japan Post Bank: Mihara Mosque Kyokai No. 15140-51154331(JPY)  BNI No. (009) 9055-66218 (IDR) an: Tarmizi Muhammad Umar



Tulis Komentar