Pendidikan

Jelang HUT Unri ke-60, Prof Dr. Sri Indarti, SE, MSi Terpilih Jadi Rektor Perempuan Pertama Unri

Prof Dr Sri Indarti SE. M.Si Rektor Unri terpilih. Ft.ist/net

PEKANBARU (ANEWS) - Langkah mulus Prof. Dr. Sri Indarti, SE, M.Si, untuk menjadi Rektor Universitas Riau (Unri) seperti yang diperkirakan sebelumnya kini terbukti. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unri itu akhirnya terpilih sebagai Rektor Unri periode 2022-2026 pada pemilihan yang dilakukan Senat Unri, Rabu (27/7/2022).

Sri berhasil menyingkirkan dua calon lain yakni Dr. Ir. Deni Efizon, MSc dan Prof. Dr. H. Iwantono, M. Phill.

Dalam pemilihan yang dihadiri perwakilan dari Kementerian Dikbud Ristek itu, Prof Sri memperoleh 48 suara. Sedangkan Dr. Deni 14 suara dan Prof Iwantono 15 suara. Total suara pemilih 77 orang.

Terpilihnya Sri sebagai Rektor Unri bisa disebut sebagai sejarah baru bagi perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Riau itu. Sebab, Prof Sri bisa dipastikan sebagai Rektor Perempuan  pertama hanya sekitar dua bulan jelang Unri memperingati usia ke-60 pada 1 Oktober 2022 mendatang.

Keberhasilan Sri terpilih sebagai rektor perempuan pertama di Unri sebetulnya sudah diprediksi banyak pihak. Sebab, dalam pemilihan  calon rektor sebelumnya, Sri memperoleh suarasignifikan, meninggalkan dua calon ini. Ternyata kementerian yang hak suara dua pertigitu memberikan dukungan ke Sri. Sehingga Sri menang telak dari dua kandidat lain.

Perolehan suara masing-masing calon Rektor Unri pada pemilihan rektor, Rabu (27/7/2022). Ft.Dok Unri

Jejak karir Sri di jajaran Unri terbilang mulus karena Prof. Dr. Sri Indarti, SE, M.Si sebelumnya diamanahkan sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau selama 2 periode dari 2014 hingga tahun 2023 mendatang.

Sebelum menjabat sebagai Dekan, ia pernah mejabat sebagai Sekretaris Jurusan Manajemen tahun 2001-2003, Ketua Jurusan Manajemen 2 (dua) periode, Ketua Program Studi S2 Manajemen, dan juga sebagai Wakil Dekan I (Bidang Akademik) FEB UNRI Periode 2010-2014.

Wanita kelahiran Sungai Salak (Indragiri Hilir) 9 April 1965 itu, merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Sejak kelas 1 SMP, Sri sudah terbiasa hidup mandiri dan jauh dari orang tua.

“Dulu kan saya tinggal di desa dan jauh dari kota, waktu smp saya mulai ngekos karena dari rumah ke sekolah butuh waktu satu malam baru sampai menggunakan kapal, karena di desa saya belum ada SMP,” ujar Sri kepada sejumlah awak media belum lama ini.

Setelah lulus dari SMP Negeri 1 Rengat, dan SMA Negeri 8 Pekanbaru, Sri sangat gigih menuntut ilmu, terbukti dengan ia melanjutkan studi S1 nya di jurusan Manajeman FEB UNRI dan lulus pada tahun 1987.

Sri mengawali karirnya sebagai dosen di jurusan Manajemen FEB UNRI tahun 1988. Tahun 1994 setelah menikah dan mempunyai 2 orang anak, ia melanjutkan S2 di Universitas Andalas, selesai pada tahun 1997, kemudian melanjutkan studi S3 di Universitas Brawijaya yang di selesaikan pada tahun 2010. (ZET)



Tulis Komentar